Address

Perm. Handayani, Jl. Handayani, Pekanbaru, Riau

Contact

Apa itu Google Webp dan Sejarahnya

Apa itu Google WebP? Ya, dari kata depan menggunakan Google kita akan tahu bahwasannya WebP di kembangkan oleh Google. WebP merupakan sebuah format file gambar digital. WebP merupakan sebuah format gambar dengan kualitas tinggi, tapi ukuran file sangat kecil jika dibandingkan dengan format file gambar PNG dan JPEG.

WebP pertama kali dikembangkan oleh google tahun 2010. Gambar yang dihasilkan melalui proses compress namun kualitas gambar tidak berkurang sedikit pun. WebP menggunakan metode kompressi Lossy dan Losses yang lebih canggih dibandingkan dengan format PNG dan JPEG.

Kompresi Losses ukuran bagian data asli akan tetap sama meskipun file di kompresi kembali. Metode ini akan mengkompresi gambar lebih kecil dibandingkan PNG.

Sementara, metode lossy akan mengecilkan ukuran file dengan menghapus sejumlah data asli. Metode ini menggunakan predictive coding untuk menyandingkan gambar dan mengkompres ukuran file hingga 35%.

Kelebihan Google WebP

Seperti penjelasan diatas, kelebihan Google WebP adalah memperkecil atau mengkompresi ukuran gambar lebih kecil tanpa mengurangi kualitas gambar tersebut. Semakin kecil ukuran gambar di website semakin cepat pula untuk dimuat di halaman website Anda. Ini akan memberikan keuntungan lebih pada rating SEO website Anda pada Google pencarian.

Selain itu dengan ukuran file yang kecil akan menghemat bandwidth pada server Anda. Biasanya Google WebP sangat di rekomendasikan untuk Web Anda yang membahas Makanan, Fashion, Travel dan Fotografi.

Kekurangan Google WebP

Google WebP juga memiliki kekurangan seperti, gambar Google WebP tidak didukung oleh beberapa web browser atau dengan kata lain tidak dapat di gunakan. Sampai saat ini Google WebP hanya dapat di dukung pada browser Google Chrome, Firefox dan Opera. Tapi tidak untuk Safari dan Internet Explorer.

Kesimpulannya, Gambar Google WebP adalah solusi terbaik untuk website yang banyak menggunakan media gambar. Selain menambah kecepatan website juga dapat membantu menaikkan rating SEO website Anda di google pencarian. Terlebih lagi dapat menghemat bandwith server yang Anda miliki.


administrator

Eko Pramono lebih akrab disapa Pram, seorang web developer, suka nulis, suka ngegame, dan suka turing. Bekerja di salah satu perusahaan Digital Marketing.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.