Address

Perm. Handayani, Jl. Handayani, Pekanbaru, Riau

Contact

WP-CRON WordPress merupakan sebuah file yang digunakan untuk menjalankan sistem penjadwalan. Sebagai contoh sistem penjadwalan yang dilakukan wp-cron adalah menerbitkan postingan yang terjadwal, seperti Anda aka menerbitkan postingan pada hari esok atau lusa dengan jam dan tanggal yang sudah diatur sedemikian rupa.

Pada dasarnya WordPress menggunakan dan menjalankan file wp-cron.php setiap kali seseorang mengunjungi situs Anda. Wp-cron akan selalu memeriksa sistem penjadwalan yang ada, jika ada penjadwalan pada wordpress Anda maka wordpress akan menjalankan fungsi dari wp-cron tadi. Dan jika tidak ada pengunjung maka wordpress tidak akan menjalankan wp-cron tadi.

Lalu mengapa wp-cron harus di non-aktifkan? Jika website Anda memiliki traffic pengunjung yang banyak maka wp-cron akan menjalankan tugasnya dengan baik dan aman, namun jika website Anda memiliki traffic pengunjung yang sedikit ini akan menyebabkan masalah. Jika Anda menjadwalkan sebuah postingan yang akan ditayangkan pada jam 13.00 dan ternyata website Anda tidak memiliki pengunjung hingga jam 21.00 maka postingan Anda tidak akan tayang hingga jam 21.00.

Jika Anda memiliki website yang baru dan belum memiliki pengunjung yang banyak disarankan untuk menonaktifkanya sementara, selain sitem penjadwalan yang tidak akan sesuai penjadwalan, tentunya kaan berdampak pada artikel Anda akan semakin lama untuk di crawl dan di index oleh google.

Menonaktifkan Wp-cron wordpress

Buka File wp-config.php, Anda memerlukan FTP untuk dapat menemukan file ini. Lalu tambahkan kode dibawah ini:

menonaktifkan wp-cron wordpress
define('DISABLE_WP_CRON', 'true');

Jika pada file wp-config.php sudah ada kode diatas namun dengan kondisi ” false ” Anda hanya cukup merubahnya ke ” true “. Lalu simpan file yang sudah di edit tadi. Jika pada ujicoba tidak muncul perubahan silahkan buka atau lakukan pada web browser dengan mode incognito.

Demikian penjelasan mengenai cara menonaktifkan wp-cron wordpress. Apabila ada yang perlu untuk di tanya dan ditambahkan silahkan ajukan pada kolom komentar setelah artikel ini. Semoga bermanfaat dan terimakasih 🙂


administrator

Eko Pramono lebih akrab disapa Pram, seorang web developer, suka nulis, suka ngegame, dan suka turing. Bekerja di salah satu perusahaan Digital Marketing.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.