WordPress, sebagai platform manajemen konten (CMS) yang populer saat ini, banyak fitur yang menawarkan fleksibilitas luar biasa. Salah satunya adalah memberikan fasilitas pendaftaran atau registrasi pengguna baru.

Namun, dalam beberapa situasi, menonaktifkan pendaftaran pengguna dapat menjadi langkah bijak untuk mengelola situs web Anda dengan lebih efisien. Selain ini merupakan salah satu meningkatkan keamanan, hal ini perlu dilakukan untuk mencegah spam pendaftaran dan meningkatkan pengalaman pengguna.

Secara default, fitur registrasi wordpress sudah aktif. Ini dapat kita lihat pada tampilan pada saat login melalui /wp-admin, lihat gambar berikut ini.

Cara Disable User Registration WordPress
Gambar: Tampilan login dan registrasi pengguna

Apa itu User Registration?

User registration adalah sebuah halaman yang berisikan form yang bertujuan untuk menambah pengguna baru ke dalam website wordpress. Dengan adanya halaman ini, pemilik website tidak perlu lagi menambahkan pengguna baru satu persatu.

Baca juga: Cara Mengaktifkan Debug WordPress

Pengguna lain dapat mendaftarkan dengan mengisi beberapa identitas penting untuk mendapatkan hak akses ke dalam website. Biasanya fitur ini cocok untuk jenis website seperti layanan forum, blog, dan portal berita.

form register wordpress
Gambar: Tampilan form register pengguna

Meskipun dengan adanya fitur user registration ini perlu adanya beberapa tindakan untuk meminimalisir resiko. Jika fitur ini diaktifkan maka ini akan menyebabkan masalah baru pada website. Masalah tersebut seperti sumber spam, bot akan melakukan spam ke beberapa post dan halaman melalui kolom komentar yang ada pada website.

Selain itu, tentunya dengan adanya fitur ini akan meningkatkan penggunaan akun palsu yang tidak dikenali. Ini memerlukan ketelitian dan melakukan pengecekan secara detail dari akun yang sudah mendaftar. Jika tidak dilakukan pengecekan, maka nantinya beberapa akun palsu tersebut akan mencoba merubah konten, melakukan pengaturan ulang dan aktiftas lainnya yang dapat merugikan pemilik website.

Cara Disable User Registration WordPress

Setelah mengetahui apa itu fitur user registration yang ada di wordpress, dan bagaimana dampak jika mengaktifkannya ada beberapa tindakan yang muncul. Tindakan tersebut adalah untuk menonaktifkan fitur pendaftaran pengguna ini. Alasannya adalah untuk meminimalisir dampak yang ditimbulkan di kemudian hari.

Berikut ini panduan lengkap mengenai bagaimana Cara Disable User Registration WordPress dengan mudah.

  1. Login dan masuk ke halaman dashboard wordpress
  2. Klik menu Settings ยป General
  3. Unchecklist pada bagian Membership, Anyone can register
Cara Disable User Registration WordPress

4. Simpan perubahan yang sudah Anda lalukan

5. Cek kembali pada halaman login website, nantinya link untuk register sudah tidak tersedia lagi

Cara Disable User Registration WordPress

Nantinya, pengguna tidak akan dapat mengakses kembali halaman pendaftaran meskipun dengan menggunakan url register user wordpress.

Kesimpulan

Dengan mengambil langkah-langkah untuk mengikuti Cara Disable User Registration WordPress, Anda bukan hanya meningkatkan keamanan situs WordPress Anda tetapi juga membantu mencegah potensi ancaman. Keamanan situs adalah tanggung jawab bersama, dan dengan langkah-langkah ini, Anda berkontribusi pada lingkungan internet yang lebih aman. Teruslah mengoptimalkan situs Anda dan jadikan keamanan prioritas utama!

Demikian pembahasan mengenai bagaimana cara menonaktifkan layanan pendaftaran pengguna baru di wordpress. Semoga bermanfaat dan terimakasih.


Avatar for Pram Eko

administrator

Pram Eko is devoted to exploring web trends, website developer, and writing about WordPress for almost 8 years.