Address

Perm. Handayani, Jl. Handayani, Pekanbaru, Riau

Contact

Duplikat URL Sitemap Yoast – Halo, siapa sih yang tidak mengenal plugin wordpress SEO Yoast. Yoast merupakan salah satu plugin wordpress untuk pengoptimalan performa SEO. Plugin ini sangat populer, dapat kita lihat dari jumlah penggunanya mencapai 5 juta pengguna aktif.

Untuk menggunakannya sangat mudah, Anda cukup menginstall dan mengaktifkannya lalu melakukan konfigurasi. Anda dapat melakukan pengaturan pada dashboard Yoast bagian mana yang perlu di index atau tidak. Selanjutnya, Anda dapat mengatur title dan description dengan mudah. Biasanya, pengaturan meta dan lain sebagainya ada pada bagian bawah editor halaman atau post yang Anda buat.

Baca juga: Plugin SEO WordPress Terbaik

Beberapa waktu lalu, di tempat saya bekerja ada kendala atau masalah yang dihadapi mengenai Yoast. Masalah itu muncul pada bagian sitemap yoast. Apa yang terjadi? yaitu adanya duplikat URL pada sitemap yang waktu modified terakhir yang berbeda waktu. Untuk lebih jelasnya lihat gambar berikut ini:

duplikat URL sitemap yoast

Dapat kita lihat pada gambar diatas, memiliki URL yang sama namun dengan keterangan last modified yang berbeda. Awalnya saya mengira ini muncul akibat adanya duplikat halaman, namun saya perhatikan URL tidak menunjukkan adanya duplikat. Karena pada situs ini menggunakan plugin multi bahasa, yang saya lakukan pertama kali adalah menghapus halaman dan menduplikasi halaman ke bahasa semula. Namun sayangnya, cara ini tidak berhasil.

Saya menggunakan cara kedua yaitu menonaktifkan seluruh plugin yang saya anggap menyebabkan error atau bug. Lagi dan lagi, cara ini juga tidak membuahkan hasil. Saya mencoba untuk save ulang pengaturan permalink, membersihkan cache situs, menonaktifkan fitur sitemap yoast dan mengaktifkannya kembali. Tetapi masalah yang terjadi tetap ada.

Cara Perbaiki Duplikat URL Sitemap yoast

Yang menjadi pertanyaan besar bagi saya, mengapa Yoast memperlakukan halaman yang sama sebagai halaman yang berbeda?

Apakah ini normal atau diabaikan saja? tentunya tidak boleh Anda abaikan begitu saja.

Setelah saya sekian lama menganalisa, akhirnya saya menemukan jawabannya. Situs menggunakan plugin multi bahasa WPML. Tentunya jika Anda menggunakan plugin Yoast SEO, harus menggunakan atau install plugin WPML SEO. Karena WPML adalah plugin berbayar, Anda dapat memperoleh plugin WPML SEO pada halaman berlangganan.

Baca juga: Plugin Multi Bahasa WordPress

Ketika saya sudah install plugin WPML SEO, membersihkan cache situs dan browser, dan lalu menyimpan kembali pengaturan permalink situs. Akhirnya sitemap tidak melakukan duplikat URL lagi. Jika Anda menggunakan plugin SEO lainnya, dapat membaca solusinya pada link berikut ini:

https://wpml.org/compatibility/2021/04/wpml-seo-plugin-better-integration-with-seo-plugins/

Demikianlah pembahasan mengenai bagaimana cara memperbaiki duplikat url pada sitemap yang ada di plugin Yoast. Jika Anda menemukan solusi lain dari yang sudah saya utarakan tadi, silahkan ajukan pada kolom komentar di bawah ini ya. Semoga membantu Anda dan terimakasih.


administrator

Eko Pramono lebih akrab disapa Pram, seorang web developer, suka nulis, suka ngegame, dan suka turing. Bekerja di salah satu perusahaan Digital Marketing.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.