Address

Perm. Handayani, Jl. Handayani, Pekanbaru, Riau

Contact

Plugin Multi Bahasa WordPress – Situs Anda dibangun menggunakan wordpess? dan ingin menggunakan beberapa bahasa? seperti bahasa inggris, jerman dan lain-lain? Ya, Anda berada pada artikel yang tepat. Kali ini akan membahas beberapa plugin yang saya rekomendasikan untuk Anda membuat situs multilingual.

Pengunjung situs Anda tentunya tidak hanya berasal dari domestik saja, melainkan dari banyak negara. Penting untuk situs Anda memiliki fitur multilingual. Tentunya ini akan semakin meningkatkan traffic pengunjung situs Anda. Google juga akan mengindex halaman berbeda bahasa pada situs Anda sebagai konten yang terpisah juga.

Namun sayangnya jika Anda ingin menggunakan banyak bahasa untuk meningkatkan traffic situs dan target audiens, Anda harus memiliki sumber daya manusia yang banyak juga untuk membantu translate bahasa yang di inginkan. Meskipun menggunakan plugin, situs tidak akan secara otomatis melakukan translate konten yang ada. Anda tetap menerjemahkan kontennya terlebih dahulu.

Plugin Multi Bahasa WordPress

Perlu saya ingatkan, untuk membuat dan implementasi situs Anda menjadi multi bahasa tentunya sangat tidak mudah. Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, ada baiknya lakukan backup website terlebih dahulu. Berikut beberapa plugin yang dapat saya rekomendasikan untuk membuat situs multilingual:

Baca juga: Plugin SEO WordPress Terbaik

Polylang

Plugin Multi Bahasa WordPress

Polylang merupakan plugin yang dapat membantu Anda membuat situs multi bahasa. Plugin ini sangat populer, jika kita lihat pada total instalasi aktif memiliki 700.000 pengguna aktif. Fitur yang tersedia sangat lengkap, namun bergantung pada jenis situs Anda. Beberapa fitur yang ada pada polylang seperti:

  • Menerjemahkan post, halaman, media, kategori, tag, kustom post type dan taksonomi
  • Halaman terjemahan menggunakan URL berbeda, dapat menggunakan sub-domain juga
  • Mendukung untuk menerjemahkan menu dan widget
  • Mendukung penggunaan plugin YOAST SEO
  • Mendukung penggunaan plugin Woocommerce
  • Memiliki kemampuan untuk menggunakan API REEST Woocommerce
  • Menerjermahkan email Woocommerce dan mengirimkannya ke pelanggan dalam bahasa yang sesuai dengan pelanggan
  • Pilihan bahasa tersedia pada elemen widget

Plugin ini menyediakan dua versi, gratis dan berbayar. Jika Anda tidak menggunakan banyak bahasa seperti hanya menggunakan bahasa Indonesia dan Inggris, menggunakan plugin versi gratis saja sudah cukup. Kekurangan plugin ini adalah media seperti gambar harus di upload ulang sesuai banyaknya penggunaan bahasa. Dengan kekurangan ini tentunya akan membutuhkan resource atau kapasitas penyimpanan situs semakin besar.

WPML

Plugin Multi Bahasa WordPress

WPML merupakan plugin multi bahasa wordpress yang sangat populer. Fitur yang sangat lengkap dan tentunya semua yang dibutuhkan untuk situs Anda. Memiliki sistem manajemen terjemahan yang kuat dan dapat memungkinkan Anda menerjemahkan konten, tema, hingga plugin.

Jika Anda tertarik menggunakan plugin ini sayangnya tidak gratis, Anda harus membeli paket lisensinya. Harga yang tersedia bervariasi, tergantung dari jenis dan penggunaan pada situs Anda. Jika WPML untuk blog, harga lisensi sekitar $39, dan untuk CMS harga lisensi sekitar $99, dan untuk jenis agensi harga yang berlaku sekitar $199.

Dengan harga lisensi yang dikategorikan tidak murah, namun dengan fitur yang tersedia ini akan membuat situs Anda dapat menerjemahkan situs dengan otomatis. Jika ingin mencoba menggunakan versi gratis plugin ini, Anda dapat mendapatkan plugin ini melalui situs https://gpldl.com/.

Weglot

Plugin Multi Bahasa WordPress

Weglot adalah plugin multi bahasa yang tidak jauh berbeda dengan plugin multilangual sebelumnya. Plugin ini berbayar dan tidak gratis, namun Anda dapat mencobanya menggunakan fitur trial dengan mendaftar terlebih dahulu di situs resminya.

Plugin ini mampu melakukan alih bahasa pada setiap elemen yang ada di situs sesuai bahasa yang diinginkan. Anda tidak perlu khawatir dengan akurat bahasa yang diterjemahkan, karena weglot menggunakan jasa alih bahasa yang profesional.

Jika WPML memiliki sekitar 40 pilihan bahasa, weglot memiliki lebih dari 60 pilihan bahasa. Weglot mampu mendeteksi setiap elemen apa saja yang perlu Anda terjemahkan secara otomatis. Dan hasil dari alih bahasa teesebut langsung dapat Anda lihat. Jika hasil dari alih bahasa otomatis oleh plugin ini Anda merasa tidak puas, dapat melakukan perbaikan melalui dashboard weglot.

Baca juga: Plugin Page Builder WordPress

Transposh

Transposh memiliki ketersediaan bahasa hingga 117 bahasa, ini termasuk bahasa Indonesia dan bahasa jawa. Plugin ini memiliki kemampuan menerjemahkan secara otomatis dan menggabungkannya dengan hasil terjemahan manual manusia. Layaknya wikipedia, plugin ini juga memberikan izin pengunjung untuk ikut berkontribusi memperbaiki menerjemahkan dan memperbaiki bahasa pada situs yang menggunakan plugin ini.

Kekurangan transposh adalah adanya banyak keluhan dari pengguna mengenai sulitnya untuk melakukan edit dari hasil translate, selain itu dengan fitur menggabungkan hasil terjemahan otomatis bahasa yang tampil tidak akurat.

Ingin mencoba? silahkan download melalui direktori plugin wordpress atau melalui situs resmi transposh https://transposh.org/id/download/.

Semoga artikel ini membantu Anda untuk memilih plugin mana yang cocok untuk digunakan. Jika Anda memiliki rekomedasi plugin multi bahasa lain, silahkan ajukan pada kolom komentar setelah pembahasan ini. Terimakasih!


administrator

Eko Pramono lebih akrab disapa Pram, seorang web developer, suka nulis, suka ngegame, dan suka turing. Bekerja di salah satu perusahaan Digital Marketing.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.