Address

Perm. Handayani, Jl. Handayani, Pekanbaru, Riau

Contact

Ganti pesan error login wordpress – Halo, semoga Anda dalam keadaan sehat selalu ya. Pada pembahasan kali ini saya akan menjelaskan bagaimana caranya ganti pesan error pada saat masuk di wordpress. Secara default atau bawaan, wordpress memiliki pesan khusus yang ditampilkan saat kita salah login. Baik saat salah memasukkan username maupun password.

Apakah Anda ingin menampilkan pesan yang muncul saat salah memasukkan username atau password sesuai keinginan? Seperti ingin menambahkan detail lainnya yang berkaitan dengan identitas situs?

Mungkin ada beberapa plugin yang dapat membantu untuk merubah pesan error yang muncul. Namun saat ini saya akan memberitahu cara bagaimana mengganti pesan error login di wordpress tanpa menggunakan plugin. Menggunakan plugin bisa menjadi alternatif nantinya jika banyak kemungkinan Anda tidak dapat melakukannya.

Baca juga: Menonaktifkan Theme dan Plugin Editor WordPress

Seperti tidak memiliki akses menggunakan FTP, akses pada theme editor di nonaktifkan, hingga tidak ada akses pada cPanel. Jika semua itu terjadi, dapat menggunakan plugin code snippets.

Cara Ganti Pesan Error Login WordPress

Tambahkan kode pendek berikut ini pada file function.php atau pada file kustom function lainnya. Jika menggunakan plugin code snippets, silahkan buat snippet baru. Berikut cara mudah menambahkan kode untuk mengganti pesan default error pada saat login di wordpress:

  • Login pada situs Anda
  • Masuk pada halaman Dashboard » Appearance » Theme File Editor
ganti pesan error login wordpress
  • Pilih tema aktif pada situs. Jika menggunakan themes-child pastikan yang Anda pilih adalah themes-child.
ganti pesan error login wordpress
  • Cari file function.php, tambahkan kode berikut ini:
ganti pesan error login wordpress
/**
 * Change WordPress login form error message.
 *
 * @return string
 */
function prameko_change_failed_login_message() {

  //Custom message
  return esc_html__( 'Login details are incorrect, please try again.', 'prameko' );
  
}

add_filter( 'login_errors', 'prameko_change_failed_login_message' );
  • Ganti teks sesuai keinginan pada bagian return esc_html__( ‘Login details are incorrect, please try again.’, ‘prameko’ );

Baca juga: Cara Embed Video Youtube di WordPress

  • Simpan! Coba untuk login, cek apakah teks sudah berubah atau belum,
ganti pesan error login wordpress

Lalu jika ingin merubah pesan error menggunakan plugin, apakah ada rekomendasi? Tentunya ada, Anda dapat menggunakan plugin LoginPress. Namun jika ingin merubah tampilan keseluruhan dari tampilan login wordpress, sangat disarankan menggunakan plugin itu.

Demikianlah pembahasan mengenai kustom pesan error pada wordpress saat login. Semoga tutorial ini membantu ya. Terimakasih!


administrator

Eko Pramono lebih akrab disapa Pram, seorang web developer, suka nulis, suka ngegame, dan suka turing. Bekerja di salah satu perusahaan Digital Marketing.

Leave a Reply

Your email address will not be published.