Address

Perm. Handayani, Jl. Handayani, Pekanbaru, Riau

Contact

Menonaktifkan Gutenberg WordPress – Gutenberg seperti yang sudah kita ketahui bersama merupakan sebuah editor block bawaan dari wordpress. Layaknya page builder wordpress lainnya, gutenberg memiliki fungsi yang sama juga dengan page builder lainnya.

Gutenberg menggantikan editor klasik wordpress, sayangnya banyak pengguna mendapatkan pengalaman yang tidak bagus setelah gutenberg hadir sebagai editor konten. Gutenberg tidak fleksibel, sangat sulit untuk menyesuaikan pada tema wordpress.

Mungkin masih banyak yang belum terlalu familiar menggunakan gutenberg, dan banyak dari mereka memilih untuk menonaktifkan gutenberg sebagai editor wordpress di situs mereka. Apakah Anda juga ingin menonaktifkan fitur ini?

Cara Menonaktifkan Gutenberg WordPress

Jika Anda yakin ingin menonaktifkannya, ada dua metode atau cara menonaktifkan gutenberg wordpress editor. Metode tersebut adalah menggunakan Plugin dan kode PHP. Berikut cara atau metode untuk menonaktifkan gutenberg wordpress editor:

Menggunakan Plugin

Anda dapat menggunakan plugin Classic Editor untuk menonaktifkan gutenberg WordPress editor. Plugin ini tersedia secara gratis. Anda dapat menemukannya pada menu Dashboard » Plugin Add » New Plugin, cari plugin dengan nama Classic Editor. Install plugin classic editor lalu aktifkan.

menonaktifkan gutenberd

Selain classic editor, Anda juga dapat menggunakan plugin Disable Gutenberg. Ini adalah plugin sederhana yang memiliki banyak opsi atau pilihan sesuai kebutuhan Anda, seperti:

menonaktifkan gutenberd
  • Disable Gutenberg seluruhnya
  • Hanya matikan Gutenberg pada post type tertentu
  • Matikan Gutenberg pada template tema apapun
  • Menyembunyikan menu item Gutenberg
  • Matikan Gutenberg untuk spesifik role user wordpress

Menggunakan Kode

Jika kapasitas server Anda terbatas, dan ingin mengurangi penggunaan plugin pada website Anda tidak ada salahnya menggunakan kode untuk disable gutenberg. Cukup mudah, letakkan kode berikut ini pada file function.php atau file kustom function Anda.

Jika hanya pada post gunakan filter kode berikut ini:

// disable for posts
add_filter('use_block_editor_for_post', '__return_false', 10);

// disable for post types
add_filter('use_block_editor_for_post_type', '__return_false', 10);

function digwp_disable_gutenberg($is_enabled, $post_type) {
	if ($post_type === 'book') return false; // change book to your post type
	return $is_enabled;
}
add_filter('use_block_editor_for_post_type', 'digwp_disable_gutenberg', 10, 2);

// Disable for meta box
add_meta_box('metabox_id', 'Metabox Title', 'metabox_callback', null, 'advanced', 'default', array('__block_editor_compatible_meta_box' => false));

Selain mengguakan kode yang ada, ada cara lama pertama kali saat gutenberg versi awal. Tapi perlu di ketahui, saya tidak menyarankan untuk Anda menggunakan cara ini. Cara itu adalah menambahkan kode pendek pada file wp-config.php pada awal baris file:

$_GET['classic-editor'] = true;

Anda menggunakan banyak custom field pada website? pada dasarnya meta custom field tidak ada muncul pada editor gutenberg. Lalu bagaimana untuk memunculkannya kembali? Anda dapat mengikuti atau menggunakan plugini ini [klik].

Demikianlah pembahasan mengenai panduan lengkap bagaimana cara menonaktifkan gutenberg dengan baik dan benar. Semoga bermanfaan dan terimakasih. 🙂


administrator

Eko Pramono lebih akrab disapa Pram, seorang web developer, suka nulis, suka ngegame, dan suka turing. Bekerja di salah satu perusahaan Digital Marketing.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.