Address

Perm. Handayani, Jl. Handayani, Pekanbaru, Riau

Contact

Belajar Oxygen Builder – Saat ini membangun sebuah website menggunakan wordpress dapat dilakukan dengan mudah dan cepat. Dengan adanya bantuan Themes dan page builder membuat Anda semakin menghemat waktu dan lebih memuaskan. Selain menghemat waktu, Anda juga tidak harus memiliki pengetahuan lebih tentang bahasa pemograman atau coding.

Baca juga: Rekomendasi Plugin Page Builder WordPress

Pada artikel kali ini saya akan mebahas mengenai membangun website menggunakan visual website builder pada wordpress. Visual website builder yang saya maksud adalah Oxygen.

belajar oxygen builder
https://oxygenbuilder.com/

Apa Itu Oxygen Builder?

Oxygen Builder adalah alat atau sebuah plugin yang memungkinkan Kamu dapat memabangun seluruh website menggunakan wordpress. Perlu kamu ketahui bahwa Oxygen builder tidak sekedar pembuat halaman ataupun tema. Oxygen merupakan produk hibrida yang memungkinkan kamu dapat dan memiliki kontrol penuh atas apa yang akan kamu buat.

Oxygen awalnya untuk pata desainer wordpress yang ingin lebih mudah membangun website mereka untuk klien. Namun semakin berkembangnya oxygen banyak digunakan untuk membangun website pribadi ataupun blog. Oxygen sangat cocok untuk kamu yang memiliki kemampuan atau sebagai pemula, menengah ataupun expert.

Oxygen dilengkapi dengan kode editor live preview, maksudnya adalah ketika kamu membuat sebuah kode maka apa yang kamu buat akan muncul langsung pada layar preview tanpa harus menyimpan kode tersebut dan membuka halaman. Perlu kamu ketahui jika ingin menggunakan plugin Oxygen Builder tentunya tidak gratis, kamu harus membayarnya. Lalu berapa harga Oxygen builder saat ini? Berikut harga Oxygen sampai saat artikel ini tayang:

Update harga Oxygen builder di https://oxygenbuilder.com/pricing/

Fitur Unggulan Oxygen Builder

Fitur yang ada saat ini disesuaikan dengan paket pilihan yang kamu pilih. Meskipun yang kamu pilih paket basic tentunya ini sudah sangat bagus untuk mendapatkan fitur standar yang ada pada Oxygen. Beriku ini fitur-fitur oxygen unggulan:

  • Oxygen memiliki live preview yang akan langsung tampil dalam satu layar editor oxygen dan berubah secara real-time tanpa perlu melakukan refresh halaman website.
  • Oxygen memiliki banyak komponen yang terdiri dari 160 komponen lebih, 50 halaman dengan komponen gabungan dan demo website prebuild. Tentunya ini sudah responsive dan dapat kamu sesuaikan lagi.
  • Tidak hanya untuk membangun sebuah halaman statis saja, tapi Oxygen memungkinkan kamu untuk membuat template dan desain pada konten tertentu seperti page, e-commerce, post type, archive, taxonomy, category, tag dan lainnya.
  • Kamu dapat menuliskaan kode HTML, PHP, CSS dan Javascript dalam satu elemen saja.
  • Mendukung dan memudahkan kamu untuk mengatur kustom post type dan field custom ataupun menggunakan plugin ACF. Selain itu kamu juga dapat menggunakan shortcode atau blok kode untuk menambahkan field pada bagian tertentu.

Fitur lainnya

  • Kamu memiliki kontrol penuh untuk mendesain website yang responsive dalam satu tempat saja. Ini sangat memudahkan kamu tanpa harus menggunakan kode media query pada file css untuk mengatur responsive.
  • Reusable parts, memungkinkan kamu menggunakan konten yang sama di lebih dari satu tempat tanpa harus mengeditnya satu-persatu lagi.
  • Plugin Oxygen builder juga mendukung penggunaan shortcode plugin pihak ketiga seperti slider, mega menu, form dan lain sebagainya menggunakan shortcode, widget ataupun PHP.
  • Oxygen memiliki sekitar 800 lebih Font Google dan 500 ikon SVG (FOntawesome dan Linearicons). Oxygen juga mendukung Typekit yang memudahkan kamu untuk mengimpor font dari berbagai sumber.
  • Desain yang kamu buat pada Oxygen akan tersimpan di Database wordpress. Jika kamu melakukan update versi Oxygen yang baru maka desain yang sudah kamu buat akan tetap aman.
  • Jika wordpress memiliki fitur export dan import, Oxygen juga memiliki fitur ini untuk export dan import desain kamu dari situs satu ke situs lainnya.
  • Memiliki fitur drag & drop, lebih memudahkan kamu untuk meletakkan elemen yang kamu inginkan.
  • Mendukung SEO, Oxygen sangat SEO friendly karena menggunakan kode yang berkualitas tinggi, bersih dan ramah untuk mesin pencari.
  • Oxygen juga mendukung plugin page builder pihak ketiga seperti Visual Composer, Elementor, dan Beaver Builder.
  • 100% Support Woocommerce
  • Mendukung penuh Gutenberg

Belajar Oxygen Builder

Untuk kamu yang masih sulit melakukan pembayaran, untuk mendapatkan lisensi dan plugin Oxygen karena masalah pada metode pembayaran. Kamu dapat mencoba membelinya pada toko online seperti tokopedia, bukalapak ataupun shopee. Jika kamu sudah memilik plugin dan lisensinya, simak penjelasan berikut ini untuk pertama hingga tingkat lanjutan bagaimana menggunakan Oxygen:

Bab I

Demikianlah pembahasan mengenai Oxygen builder ini, semoga artikel ini membantu lebih memahami penggunaan dan belajar oxygen builder untuk pengembangan website kamu. Jika ada yang perlu untuk ditambahkan, silahkan ajukan pada kolom komentar ya. Terimakasih 🙂


administrator

Eko Pramono lebih akrab disapa Pram, seorang web developer, suka nulis, suka ngegame, dan suka turing. Bekerja di salah satu perusahaan Digital Marketing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *