Address

Perm. Handayani, Jl. Handayani, Pekanbaru, Riau

Contact

Penggunaan Contact form merupakan hal yang wajib digunakan saat ini disetiap website, baik website pribadi maupun bisnis. Terutama jika website Anda ingin terdaftar dalam layanan Google Adsense. Dengan adanya Contact Form mempermudahkan Anda berkomunikasi dan berinteraksi dengan pengunjung website Anda.

Ada banyak cara membuat sebuah contact form di website dengan cms wordpress. Anda dapat menggunakan contact formulir yang telah disediakan oleh tema, kustom function, atau menggunakan plugin. Berikut beberapa plugin wordpress terbaik yang direkomendasikan untuk membuat contact form.

Plugin Contact Form WordPress Terbaik

1.Contact Form 7

plugin contact form wordpress

Contact form 7 merupakan sebuah plugin wordpress yang sangat banyak digunakan saat ini, yakni sekitar 5juta lebih pengguna. Anda cukup menginstall dan mengaktifkannya langsung dapat menampilkan formulir dengan format yang dibuat secara otomatis ketika diaktifkan. Anda dapat menambahkan dan memilih field yang sudah tersedia seperti gambar di bawah ini.

plugin contact form wordpress

Anda dapat meletakkan contact form yang telah dibuat dengan menggunakan shortcode yang sudah tersedia dibawah judul di berbagai halaman atau pada kustom function yang dibuat. Contact form 7 juga menyediakan fitur Recaptcha untuk mengatasi spam dan mendukung penggunaan AJAX untuk interaksi yang lebih cepat.

2.WPForms

plugin contact form wordpress

WPForms merupakan plugin contact form yang menerapkan sistem drag and drop. Ini sangat cocok untuk Anda yang baru memulai menggunakan contact form. Dapat dilihat pada halaman plugin wordpress yang dirilis, WPForms memiliki sekitar 4juta lebih pengguna aktif. WPForm memiliki banyak ffitur yang dapat membantu Anda membuat contact forms, diantaranya notifikasi.

Dengan adanya notifikasi, plugin akan mengirimkan notifikasi email kepada Anda setelah pengunjung mengisi formulir. Selain itu WPForms juga menyediakan fitur unggah file yang dapat anda kontrol sepenuhnya.

WPForms juga mendukung page builder seperti elementor, divi, gutenberg, maupun classic editor. Jika Anda menggunakan WPForms sudah dipastikan contact form yang Anda buat sudah responsif diseluruh perangkat.

3.Gravity Forms

plugin contact form wordpress

Dapat dikatakan bahwa Plugin Gravity Form merupakan plugin contact form terbaik saat ini, selain mudah digunakan fitur yang diberikan sangat lengkap. Namun sayangnya contact form ini tidak menyediakan versi gratis, melainkan Anda dikenakan biaya. Harga dimulai dari $59/Tahun untuk versi pro dan $259/Tahun untuk versi Elite.

Selain itu Anda juga akan mendapatkan bonus tambahan add-on seperti Mailchimp dan Slack tergantung paketan mana yang Anda beli. Cukup mudah jika Anda membutuhkan contact form dengan tampilan 2 kolom atau lebih, Anda hanya perlu menambahkan class pada field yang dibuat. Dan juga Anda tidak perlu memikirkan tampilan contact form yang responsif.

4.Ninja Forms

plugin contact form

Ninja Forms tersedia dalam versi gratis, namun sayangnya fitur yang disediakan cukup terbatas. Jika Anda ingin menggunakan fitur yang lengkap akan dikenakan biaya sekitar $499/Tahunnya. Ninja form memiliki fitur yang banyak tidak dimiliki plugin contact form lainnya, yaitu multibahasa.

Ninja Form menerapkan sistem yang sama dapat pembuatan contact form, yaitu dengan sistem drag and drop. Selain itu Anda juga dapat menerapkan setiap validasi disetiap field formnya, seperti required, email dan telepon.


administrator

Eko Pramono lebih akrab disapa Pram, seorang web developer, suka nulis, suka ngegame, dan suka turing. Bekerja di salah satu perusahaan Digital Marketing.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.