Address

Perm. Handayani, Jl. Handayani, Pekanbaru, Riau

Contact

Anda baru dalam menggunakan wordpress? Mengalami kesulitan saat membangun website menggunakan wordpress? Tidak ada salahnya Anda menggunakan plugin. Plugin page builder wordpress yang perlu Anda ketahui untuk membangun website tanpa harus memerlukan keahlian css, javascript dan HTML.

Namun dengan adanya plugin page builder ada baiknya Anda tetap belajar HTML dasar dan lain sebagainya. Dengan adanya plugin ini dapat membantu Anda dalam menambahkan element, edit, kustom tata letak dan sebagainya secara leluasa. Konsep dasar pada plugin ini adalah drag and drop.

Anda hanya perlu menarik dan meletakkan element yang sudah tersedia sesuai dengan kebutuhan. Sesuai dengan penjelasan tersebut, kali ini saya akan membahas lebih jauh mengenai plugin apa saja yang dapat membantu dalam membangun website menggunakan wordpress.

Plugin Page Builder WordPress

Elementor Page Builder

plugin page builder wordpress

Plugin elementor menjadi rekomendasi page builder pertama untuk membangun website. Elementor memiliki 8 juta lebih komunitas dan pengguna. Elementor memiliki fitur yang lengkap. Elemen yang disediakan sangat membantu dalam proses pembuatan website.

Selain itu, elementor langsung menampilkan hasil (realtime) setiap Anda merubah atau menambahkan elemen. Dari segi kecepatan, elementor memiliki kecepatan lebih bagus. Jika Anda menggunakan elementor, dapat menggunakan bantuan tombol shortcut. Tombol shortcut tersebut seperti CTRL + Z untuk undo dan lain sebagainya.

Ada sekitar 30 widget atau elemen yang disediakan secara gratis dari elementor. Sayangnya, jika Anda ingin menggunakan full fitur yang ada harus menggunakan versi yang berbayar.

Beaver Builder

plugin page builder wordpress

Tidak jauh berbeda dengan plugin sebelumnya, Beaver Builder juga memungkinkan Anda membuat website dengan metode drag and drop. Beaver builder memiliki modul dalam pembuatan konten seperti text, heading, foto, video dan HTML. Beaver builder juga mendukung penggunaan plugin SEO seperti yoast dan lain sebagainya.

Jangan khawatir jika Anda menggunakan plugin ini lalu mengalami kendala. Plugin ini juga memiliki kominutas (koloni) yang besar di dunia. Fitur lengkap hanya tersedia versi premium, jika Anda berminat tidak ada salahnya mencoba versi premium.

WPBakery

WPBakery yang awalnya adalah Visual Composer merupakan page builder terbaik diantara plugin lainnya. Memiliki elemen yang sangat lengkap, mendukung kustom post, dan memungkinkan Anda dapat membuat elemen baru. Anda tidak perlu memikirkan responsive, karena plugin ini pastinya sudah responsive di semua perangkat.

Masih sama dengan plugin lainnya, masih menggunakan metode drag and drop. Jika Anda mengalami kesulitan dalam penggunaan awal, plugin ini memiliki dokumentasi yang lengkap. Anda dapat mempelajarinya melalui website resmi atau melalui kanal youtubenya. Sayangnya, plugin ini tidak gratis atau dengan kata lain berbayar. Harga sesuai website resminya sekitar $56 pertahun.

SiteOrigin

Anda tidak perlu waktu lama untuk memperlajari plugin ini. Plugin ini lebih mengutamakan pada tata letak atau layout konten. Selain itu siteorigin juga sudah responsive. layout yang Anda pakai langsung dapat menyesuaikan setiap device. Jika Anda ingin mengganti template, Anda tidak perlu membackup atau memperbaharui kembali konten yang sudah ada.

Jika Anda kehilangan satu konten, dapat dikembalikan lagi menggunakan fasilitas history. Sama seperti elementor, siteorigin juga memiliki fitur realtime dalam proses pengembangan. Tentunya siteorigin Anda tidak sama sekali menyentuh kode sama sekali. It’s free and always will be!

KingComposer

Jika Anda suka membuat sebuah landingpage menggunakan wordpress, tidak ada salahnya untuk mencoba plugin KingComposer. Selain responsive, plugin ini sangat fleksibel. KingComposer juga dapat Anda gunakan dan akses pada perangkat mobile.

Plugin ini juga menyediakan banyak template dan preset. Banyak themes yang tersedia di themesforest.com menggunakan KingComposer sebgai page buildernya. Jangan khawatir untuk pagespeed, karena kingcomposer mengoptimisasi dan memperkecil ukuran file HTML, css dan javascript sebelum ditampilkan pada browser.

Baca juga: Plugin Contact Form WordPress

Plugin page builder wordpress diatas tidak ada salahnya untuk di coba. Demikianlah pembahasan singkat mengenai plugin yang dapat membantu Anda dalam membangun website menggunakan wordpress. Semoga bermanfaat dan terimakasih.


administrator

Eko Pramono lebih akrab disapa Pram, seorang web developer, suka nulis, suka ngegame, dan suka turing. Bekerja di salah satu perusahaan Digital Marketing.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.