Address

Perm. Handayani, Jl. Handayani, Pekanbaru, Riau

Contact

Istilah pada Google Adsense ā€“ Google Adsense merupakan sebuah program yang dikembangkan oleh Google untuk mereka yang ingin menghasilkan penghasilan tambahan dari websitenya melalui iklan. Dengan adanya Google Adsense banyak para blogger khususnya banyak menghasilkan jutaan bahkan hingga puluhan juta setiap bulannya.

istilah pada google adsense

Jika Anda blogger pemula atau baru saja mengikuti program Google Adsense tentunya banyak istilah-istilah pada google Adsense yang belum diketahui maksud dan artinya. Dapat dilihat pada tampilan dashboard Google Adsense Anda dapat melihat beberapa istilah seperti CPC, RPM, CTR dan lain sebagainya. Berikut penjelasan lengkap mengenai beberapa istilah yang ada pada Google Adsense.

CPC

Cost Per Click atau biasa disingkat dengan istilah CPC, merupakan besaran pendapatan yang diberikan oleh Google Adsense (sesuai mata uang yang anda pilih) setiap kali pengunjung website yang mengklik iklan. Besarnya pendapatan yang anda dapatkan tergantung dari besarnya harga iklan yang di sepakati antara Google Adsense dengan pemilik iklan. Selain itu, ada beberapa hal yang mempengaruhi besar kecilnya nilai CPC sebagai berikut:

  • Tema atau Niche dari website tersebut
  • Jumlah pengunjung
  • Asal negara pengunjung
  • Jenis iklan yang di tampilkan
  • Pencarian Organik (Google Search Engine) bukan melalui dari klik dari media sosial

ada baiknya jangan pernah share atau mebagikan link post yang sudah Anda publish melalui media sosial seperti facebook, twitter dan lain sebagainya. Mengapa? Website atau blog Anda akan terkena dampak smartpricing jika pengunjung website banyak berasal dari beberapa media sosial. Sebentar, apa itu smartpricing? Smartpricing adalah upaya yang dilakukan Google untuk melindungi pengiklan dari kerugian. Anda akan mendapatkan hanya $0.01 ā€“ $0.07 dan ini berdampak penghasilan dari Google Adsense Anda susah naik.

RPM

Revenue Per Thousand Impression (RPM) adalah penghasilan rata-rata yang Anda dapatkan berdasarkan dari setiap 1000 kali halaman atau artikel yang tayang. RPM merupakan itilah yang sering digunakan dalan program iklan, RPM juga berfungsi sebagai pembanding penghasilan jika Anda mendaftarkan beberapa website yang berbeda pada Google Adense.

Namun perlu diketahui besaran penghasilan yang Anda dapatkan pada perhitungan RPM tidak akan ditambahkan ke dalam saldo kamu. Penghasilan yang didapatkan tetap berdasarkan penghasilan tertaksir dari CPC.

Impressions

Impressions adalah Tayangan, perlu diketahui istilah ini terkadang sangat membingungkan dan jangan beranggapan RPM dengan Impressions sama. Impression diartikan sebagai pandangan atau kesan para pengunjung pada item tertentu pada website Anda. Impression bisa merujuk pada pengguna yang melihat halaman tertentu, iklan tertentu atau semua iklan yang tampil pada halaman tersebut.

Tayangan atau impression dihitung untuk setiap permintaan iklan yang menghasilan setidaknya satu iklan pada website, bisa jumlah iklan atau kueri penelusuran iklan yang menampilkan iklan.

Berikut analisa atau perhitungan dari Impression yang akan Anda dapatkan:

Jika satu halaman atau artikel terdapat 4 iklan yan tampil dan halaman tersebut dilihat 1000 kali maka impression yang didapatkan adalah jumlah iklan x halaman tampil, dapat diperoleh totalnya adalah 4000.

CTR

Click Through Rate atau biasa disingkat dengan istilah CTR digunakan untuk menghitung jumlah klik iklan dan dibagi dengan per jumlah tayang iklan. Misal, iklan yang ditayangkan di sebuah website sebanyak 1000 kali dan mendapatkan klik 20 kali dari pengunjung maka jumlah dari perhitungan CTR adalah 0,02 dan jika diubah pada nilai percen maka sekitar 0,2%.

CPM

Biaya per seribu jika diartikan dalam bahasa indonesia. Coast Per Mille (CPM) adalah satuan atau patokan pendapatan berdasarkan perhitungan per seribu kali halaman atau artikel menayangkan iklan. CPM biasanya bersanding dengan CPM sebagai perbandingannya.

Estimated Earning

Estimated Earning adalah perkiraan jumlah penghasilan yang kita dapatkan dari iklan yang kita pasang. Total dari estimated earning adalah hasil kali antara jumlah klik dengan CPC, semakin besar CPC anda maka akan semakin besar pula estimated earning yang diperoleh. Namun jangan berbahagia dengan cepat, Jumlah penghasilan tertaksir ini bukan merupakan pendapatan final yang akan Anda dapatkan. Pada akhir hari Google akan otomatis menganalisa mana klik yang valid dan mana yang tidak valid.

Jika klik iklan dinyatakan valid maka penghasilan tidak akan berkurang, begitu pula sebaliknya jika terindikasi tidak valid maka jumlah yang diperoleh pada hari itu akan berkurang dari total penghasilan tertaksir tadi.

Balance

Balance atau saldo adalah jumlah penghasilan akhir yang telah Anda peroleh dalam jangka waktu satu bulan, terhitung mulaid dari terakhir kali Anda melakukan pencairan atau penarikan dan pencairan Google Adsense (Withdraw).

Saldo akan diakumulasikan setiap awal bulan, sehingga saldo yang ditampilkan pada dashboard google adsense saat ini belum termasuk dengan penghasilan Anda yang diperoleh bulan ini.

Demikianlah penjelasan mengenai beberapa istilah yang sering ditemukan pada Google Adsense. Jika ada yang ingin Anda tanyakan dan tambahkan dari penjelasan diatas, silahkan ajukan pada kolom komentar diakhir artikel ini. Semoga bermanfaat dan terimakasih.


administrator

Eko Pramono lebih akrab disapa Pram, seorang web developer, suka nulis, suka ngegame, dan suka turing. Bekerja di salah satu perusahaan Digital Marketing.

1 Comment

  • Freelancer Ghazni, 12 June 2021 @ 11:35 am Reply

    Hire Expert Freelancer According To Your Needs.
    .
    I’m Mahmud Ghazni From Bangladesh. I’m a Professional IT Freelancer. First of all, I apologize for making such a comment on your site. You may think this is spamming but I am only doing this for the purpose of attracting the attention of clients.
    .
    I’m able to make this comment on your website which means your website may be brand new or not yet properly configured. That means you may need a professional help. And if that happens then, I’m here to help you. I’m a Porfessional Web Design & Developer. For the past 3 years I have been providing services to various IT company in our country. Due to the current Covid pandemic situation and the impact of the lockdown, many companies have closed down. That’s why I’m currently offering freelance services to international clients. Since I am a new Freelancer in the online marketplace, That’s why I’m trying to reach clients in various ways.
    .
    You can hire me from here: https://ghazni.me
    .
    I’ve a lot of experience with WordPress such as WordPress Theme Customization, Landing Page Design, Fixing 500 & & 404 Errors, Website Migration, SEO Optimization, Malware Removal, BulletProof Web Security, Fixing other WordPress issue etc.
    .
    If you need any kind of help, Feel free to contact with me. Iā€™m always ready to help you. Hopefully, I will be able to gain your trust and satisfaction.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *