Address

Perm. Handayani, Jl. Handayani, Pekanbaru, Riau

Contact

Prameko.com – Halo, semoga Anda dalam keadaan sehat selalu ya. Kali ini saya akan membahas mengenai 5 situs frontend editor terbaik. Berikut penjelasan lengkapnya.

Situs frontend editor ini adalah situs yang menyediakan fasilitas pengujian script baik berupa HTML, Javascript, CSS dan lain sebagainya secara online di browser. Situs ini juga biasa dikenal dengan istilah code playground.

5 Situs Frontend Editor

Belum dapat gambaran bagaimana situs frontend editor yang dimaksud? berikut beberapa situs frontend editor terbaik yang sudah dirangkum:

Codepen.io

Codepen.io merupakan code playground dengan pengguna terbanyak. Bukan hanya sebagai situs pengujian kode html, js dan css saja, namun situs ini merupakan sebuah komunitas yang sangat besar. Sebagian besar kode yang disimpan dan ciptakan di codepen bersifat open source dan dapat di akses oleh semua pengguna.

Fitur yang tersedia di codepen seperti pengujian secara realtime, kode yang Anda buat langsung menunjukkan hasil tanpa melakukan aksi tambahan seperti menekan tombol run atau compile. Anda juga dapat melakukan metode embed dan menggunakannya di situs mana pun.

JSFiddle

situs frontend editor

Situs frontend editor selanjutnya adalah JSFiddle, sama seperti codepen diatas manfaat dan penggunaannya tidak jauh berbeda. Hanya saja di JSFiddle tidak realtime, ketika Anda sudah selesai menulis kode untuk melihat hasilnya harus menekan tombol Run.

JSFiddle juga memiliki komunitas yang cukup besar, jika Anda pengunjung setia stackoverflow.com rata-rata web developer menggunakan JSFiddle untuk memberikan jawaban yang berkaitan dengan frontend.

W3School Editor

situs frontend editor

Sudah tidak asing tentunya dengan situs w3school, website ini berisikan kumpulan materi-materi dasar untuk belajar HTML, CSS, Javascript, Sql dan lain sebagainya. W3school tentunya tidak hanya menyediakan materi saja, tapi juga menyediakan fasilitas frontend editor juga.

Anda dapat melakukan pengujian kode jika Anda ingin implementasi materi w3school berikan. Frontend editor ini sangat ringan meskipun tidak realtime.

Codesandbox

Codesandbox merupakan situs editor online untuk pengujian kode seperti yang lainnya, namun codesandbox sangat lengkap fitur yang disediakan, seperti Anda dapat menggunakan fasilitas pengujian kode Angular, Vanilla, React. Selain itu jika Anda bekerja pada github dapat terkoneksi langsung dengan project yang ada di Github.

JS bin

Situs JS Bin juga tidak jauh berbeda dengan pengujian atau code editor diatas. Situs ini memiliki console debug layaknya di browser seperti Chrome dan Firefox. JS bin dari segi tampilan tidak jauh berbeda dengan frontend editor lainnya. Js bin juga memiliki fasilitas merekam aktifitas pengujian kode Anda dan menyebarkannya ke semua pengguna. Pengguna lain juga dapat melihat kode yang Anda simpan tanpa harus mendaftar di JS Bin.

Situs ini juga mendukung untuk berbagai pra-prosesor seperti SCSS, Less, CoffeScript, Jade dan lain sebagainya.


administrator

Eko Pramono lebih akrab disapa Pram, seorang web developer, suka nulis, suka ngegame, dan suka turing. Bekerja di salah satu perusahaan Digital Marketing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *