Address

Perm. Handayani, Jl. Handayani, Pekanbaru, Riau

Contact

Cara buat watermark – Pernah dengar istilah watermark? Atau sudah tahu fungsinya tapi belum tau cara buat watermak? Pembahasan pada artikel kali ini adalah membuat watermark dengan mudah di Microsoft Word.

Tanda air dalam bahasa indonesia atau biasa di sebut dengan istilah watermark. Watermark adalah sebuah penanda baik berupa tulisan maupun gambar seperti icon atau logo yang tertera pada foto, dokumen ataupun gamabar digital. Watermark berfungsi sebagai pemberi informasi kepada orang lain bahwa objek tersebut adalah hasil karya atau menandakan kepemilikan.

Posisi watermark sangat umum dapat kita jumpai pada pojok kanan, kiri, atas, bawah maupun tengah objek. Watermak biasanya tidak terlalu menonjol, memiliki tampilan yang samar-samar atau transparan dan berukuran kecil. Peletakan tersebut bertujuan supaya tidak mengganggu tampilan objek utamanya.

Anda dapat membuat watermark dengan menggunakan beberapa aplikasi. Seperti, Adobe Photoshop, coreldraw, Microsoft Word dan lain sebagainya.

Jenis Watermark

Microsoft Word memiliki empat jenis watermark. Jenis-jenis watermark di microsoft word sebagai berikut:

  • Confidential – jenis watermark ini bersifat rahasia. Anda dapat memilih teks untuk watermark seperti confidential atau do not copy,
  • Disclaimer – pada jenis watermark ini tersedia teks Draft dan Sample,
  • Urgent – jenis watermark ini bersifat sangat penting,
  • Custom – Anda dapat teks watermark sesuai dengan keinginan Anda dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan dokumen yang dibuat.

Cara buat watermark di word

Lalu bagaimana cara membuat watermark menggunakan Microsoft Word? Berikut langkah-langkah sederhananya:

  • Buka dokumen microsoft word Anda
  • Klik menu Design, lalu pilih watermark
cara buat watermark di word
  • Pilih salah satu jenis watermark yang Anda ingingkan, sesuai penjelasan mengenai jenis-jenis watermark.
cara buat watermark di word
  • Secara otomatis maka akan muncul di bagian belakang dokumen Anda

Jika Anda ingin menghapus watermark yang sudah Anda buat, Anda cukup klik menu Design, lalu pilih Watermark dan pilih Remove watermark

Demikianlah penjelasan diatas mengeai watermark microsoft word. Jika Anda mengalami kesulitan dan ada pertanyaan, silahkan ajukan pada kolom komentar setelah pembahasan artikel ini. Semoga bermanfaat dan terimakasih.


administrator

Eko Pramono lebih akrab disapa Pram, seorang web developer, suka nulis, suka ngegame, dan suka turing. Bekerja di salah satu perusahaan Digital Marketing.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.