Address

Perm. Handayani, Jl. Handayani, Pekanbaru, Riau

Contact

Mungkin masih sedikit asing tentang gambar Webp. Pada pembahasan lalu saya sudah menjelaskan tentang apa itu Google Webp [klik]. Anda dapat mengetahui manfaat dan kekurangannya di artikel tersebut.

Lalu pada pembahasan ini, saya akan membahas bagaimana cara upload gambar webp di wordpress. Sama seperti format gambar svg, di wordpress belum menyertakan ekstensi atau format file webp di dalam daftar mime types untuk gambar. Ini yang menyebabkan jika Anda upload maka secara otomatis akan error atau ditolak oleh wordpress.

Namun tidak perlu khawatir, ada cara upload gambar webp dan menggunakannya di wordpress. Selain itu tentunya cara ini legal untuk digunakan, karena pada dasarnya wordpress memberikan akses untuk mengubah konfigurasi sistemnya. Simak dan lakukan cara berikut ini:

Cara Uplaod Gambar WEBP WordPress

Untuk mengantisipasi tidak terjadi masalah yang fatal, disarankan Anda menggunakan FTP dan backup file terlebih dahulu untuk melakukan cara ini. Tambahkan kode dibawah ini pada file function.php

//enable upload for webp image files.
function webp_upload_mimes($existing_mimes) {
    $existing_mimes['webp'] = 'image/webp';
    return $existing_mimes;
}
add_filter('mime_types', 'webp_upload_mimes');

//enable preview / thumbnail for webp image files.
function webp_is_displayable($result, $path) {
    if ($result === false) {
        $displayable_image_types = array( IMAGETYPE_WEBP );
        $info = @getimagesize( $path );

        if (empty($info)) {
            $result = false;
        } elseif (!in_array($info[2], $displayable_image_types)) {
            $result = false;
        } else {
            $result = true;
        }
    }

    return $result;
}
add_filter('file_is_displayable_image', 'webp_is_displayable', 10, 2);

Kode diatas merupakan perintah untuk menambahkan ekstensi atau format webp, dan Anda dapat menampilkan preview gambar setelah di upload.

Perlu Anda ketahui, teknologi webp terbilang masih baru tidak semua web browser mendukung penggunaan webp. Web browser yang saat ini belum mendukung format webp adalah Internet Explorer dan web browser versi lama. Jika Anda pengguna Google Chrome, Safari, Edge dan Firefox usahakan sudah update ke versi terbaru. Berikut ini detail web browser yang dapat mendukung atau tidak format webp menurut caniuse.com:

cara upload gambar webp wordpress

Demikianlah cara upload gambar webp di wordpress. Jika Anda menemukan kendala silahkan ajukan pada kolom komentar. Semoga bermanfaat dan terimakasih.


administrator

Eko Pramono lebih akrab disapa Pram, seorang web developer, suka nulis, suka ngegame, dan suka turing. Bekerja di salah satu perusahaan Digital Marketing.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.