Address

Perm. Handayani, Jl. Handayani, Pekanbaru, Riau

Contact

Apa itu Google Search Console

Google Search Console adalah tool yang di kembangkan oleh Google untuk mambantu pemilik website dapat mengindentifikasi dan menganalisa peforma website, mulai dari Statistik pengunjung, SEO hingga Pengujian halaman Mobile Friendly. Dahulu waktu pertama dirilis Google Search Console dikenal dengan sebutan Google Webmaster.

Google search console adalah tool yang tentunya gratis tidak di pungut biaya dan memungkinkan Anda untuk memonitoring kinerja dan performa website pada google search engine, kinerja website pada perangkat mobile, analisis halaman website dengan laporan trafik pengunjung setiap hari, minggu, bulanan hingga tahunan.

Jika Anda memiliki banyak website yang dikelola, Anda dapat memonitoring langsung dan bersamaan pada satu dashboard saja di google search console tanpa harus berganti-ganti akun. Cukup membantu dan mudah bukan?

Manfaat Google Seacrh Console

Banyak manfaat yang Anda peroleh jika menggunakan Google Search Console. Anda akan mendapatkan banyak bantuan untuk memperbaiki berdasarkan analisa yang diberikan oleh Google. Berikut beberapa manfaat yang sayang bermanfaat untuk Anda menggunakan Google Search Console:

Dapat Mengetahui Negara Asal Pengunjung

Google Search Console adalah sebuah tool yang bisa dikatakan powerfull dengan fasilitas terlengkap hingga saat ini, salah satunya adalah Anda dapat mengetahui negara asal pengunjung website. Fitur ini akan membantu memahami demografi pengunjung dan akan membantu meningkatkan pengunjung lebih spesifik serta menjangkau target pengunjung yang tepat.

google search console adalah

Dapat Mengidentifikasi Perangkat apa yang digunakan Pengunjung

Selain mendapatkan informasi negara asal pengunjung website Anda, Google Search Console juga dapat mengidentifikasi perangkat yang digunakan untuk mengakses wesbite Anda. Ini bertujuan untuk memberikan informasi apakah pengunjung menggunakan perangkat dekstop, tablet atau perangkat mobile. Ini sangat bermafaat kali untuk membantu Anda mengembangkan website yang powerfull.

Visitors device google search console

Temukan Kata Kunci Populer

Pengunjung menemukan halaman atau website Anda dengan berbagai macam kata kunci yang digunakan pada pencarian google. Google search console menamtu Anda untuk menemukan kata kunci yang banyak digunakan pengunjung untuk menemukan website Anda.

Fitur ini akan memberikan informasi lengkap munculnya kata kunci pada website Anda di hasil pencarian dan berapa kali wesbite Anda di klik pada hasil pencarian tersebut. Dengan begitu Anda dapat mengetahu kata kunci mana yang paling efektif digunakan dan kurang efektif untuk SEO website Anda.

Popular Keywords google search console

Dapat Mengetahui Halaman Paling Populer

Jika Anda tidak menggunakan plugin statistik pada website yang dibangun menggunakan WordPress, Google Search Console juga memberikan statistik halaman yang paling populer atau banyak dilihat oleh pengunjung.

Anda dapat mengurutkan halaman website berdasarkan impression atau click through rate (CTR).

Popular page google search console

Cek Responsive atau Mobile Friendly

Google search console juga dapat membantu Anda untuk melakukan pengujian apakah halaman atau website Anda sudah responsive atau belum diberbagai perangkat. Selain itu halaman yang mobile friendly tentunya sangat memberikan banyak keuntungan, seperti halaman Anda akan lebih cepat di index atau crawl oleh Google. Jika halaman tidak mobile friendly tentunya akan menurunkan jumlah pengunjung wesbite Anda.

Pengunjung lebih suka dan memberikan penilaian terbaik jika website Anda resposive dan mobile friendly.

Mobile Friendly google search console

Menambahkan Sitemap

Ini fitur yang sangat penting jika Anda pertama kali menggunakan Google Search Console. Sitemap berfungsi untuk membantu Google melakukan pengindex-an atau crawl setiap halaman yang tersedia pada website Anda sehingga Google dapat mengindentifikasi website Anda lebih cepat tampil pada hasil google pencarian.

Perlu diperhatikan, sebelum membuat sitemap atau menambahkan sitemap pada Google search console pastikan Anda sudah menyeleksi setiap halaman dan media mana yang digunakan atau tidak. Ini akan mengurangi resiko halaman yang tidak digunakan di index google.

Akan membutuhkan waktu yang lama untuk menghapus halaman atau media yang tidak Anda gunakan atau tayangkan lagi pada hasil pencarian google.

Sitemap google search console

Penghapusan

Jika Anda mengalami kesulitan untuk menghapus sebuah halaman yang sudah terlanjur ter-index oleh google dan tidak ingin ditampilkan lagi pada hasil pencarian, Anda dapat mengajukan penghapusan. Proses ini membutuhkan waktu yang lama, pada setiap URL atau halaman yang diajukan waktu yang dibuthkan untuk disetujui tentunya berbeda.

Delete URL google search console

Mengetahui Link Rusak

Anda juga dapat memeriksa link yang rusak pada wesbite melalui Google Search Console. Fitur ini sangat bermanfaat untuk Anda, Anda dapat memeriksa setiap URl secara manual atau Google Search Console akan memberitahu Anda melalui email atu notifikasi pada dashboard masalah URL rusak dan perlu diperbaiki.

Mengapa perlu diperbaiki? Misal Anda tidak sengaja menghapus beberapa halaman dan ternyata pada hasil pencarian google halaman Anda masih ada, ini akan menyebabkan turunnya rating website, memperburuk SEO, pengunjung tidak akan diarahkan ke halaman yang salah atau tidak ada.

Anda dapat langsung memperbaiki Link yang rusak menggunakan fitur Penghapusan atau Riderect. Jangan lupa untuk memvalidasi jika Anda sudah melakukan perbaikan.

broken link google search console

Laporan AMP

Jika Anda membangun website menggunakan WordPress dan menggunakan plugin tambahan AMP (Accelerated Mobile Pages) sebuah teknologi yang dikembangkan oleh Google juga bermanfaat untuk meningkatkan performa website dari segi kecepatan wesbite untuk lebih cepat dimuat atau ditampikan.

Fitur ini akan memberikan laporan tentang performa penelusuran AMP pada hasil pencarian Google. Sistem kerjanya tidak jauh berbeda dengan fitur lain yang ada pada Google Search Console, hanya saja fitur laporan AMP berfokus pada halaman yang dibuat menggunakan AMP saja.

Amp google search console

Demikian artikel mengenai Google Search Console dan berbagai manfaatnya, hampir pengguna internet menggunakan Google sebagai alat berselancar di dunia maya. Dengan adanya Google Search console tentunya sangat membantu website Anda mudah ditemukan di hasil pencarian Google. Semoga bermanfat dan terimakasih. 🙂


administrator

Eko Pramono lebih akrab disapa Pram, seorang web developer, suka nulis, suka ngegame, dan suka turing. Bekerja di salah satu perusahaan Digital Marketing.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.