Address

Perm. Handayani, Jl. Handayani, Pekanbaru, Riau

Contact

Apa itu Afiliasi? Afiliasi mungkin masih sangat jarang dan masih cukup asing di dengar di kalangan masyarakat umum. Jika Anda bergabung di komunitas bloger atau Web Developer tentunya Afiliasi sudah tidak asing lagi. Di kalangan bloger Afiliasi berkaitan dan selalu berhubungan dengan cara seorang bloger mendapatkan penghasilan tambahan dari internet.

Apa Itu Afiliasi?

Berikut penjelasan mengenai apa itu Afiliasi, Afiliasi adalah sebuah program atau metode marketing (pemasaran) dimana pemilik bisnis membayar mitra atau pelanggan untuk mempromosikan produknya. Jika produk yang yang di tawarkan melalui program afiliasi maka akan mendapatkan komisi atau keuntungan sesuai perjanjian kedua belah pihak.

Sebagai contoh, jika seorang pelanggan atau mitra penyedia salah satu hosting dan domain terkenal di Indonesia maka akan mendapatkan komisi sekitar 70%. Lalau bagaimana caranya untuk mempromosikan produk melalui program afiliasi? Banyak cara yang bisa dilakukan seperti menggunakan kupon hingga memasang banner afiliasi di website, melalui media sosial dan youtube.

Baca juga: Cara mendapatkan uang dari internet melalui Google Adsense.

Program Afiliasi menggunakan Blog

Cara ini banyak digunakan dan sukses oleh kebanyakan orang, dengan menggunakan blog pribadi Anda tidak perlu banyak melakukan pengaturan atau kustomisasi. Namun perlu di perhatikan dibalik kemudahan program afiliasi ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dan persiapkan pada blog Anda sebelum mengikuti program afiliasi. Berikut penjelasannya:

Pilih Niche Blog yang tepat

Untuk yang belum memahami apa itu niche blog, pada artikel sebelumnya sudah di jelaskan apa itu niche blog, baca disini.

Pilih Keyword yang Tepat

Dengan menggunakan keyword yang tepat tentunya akan mempermudah blog Anda muncul di halaman pertama pencarian Google. Anda dapat menggunakan bantuan beberapa layanan seperti KWFinder, Google Analytics, Ubersuggest dan lain sebagainya.

Apa Itu Afiliasi

Keyword merupakan salah satu dari strategi SEO (Search Engine Optimization), dimana SEO dapat membantu blog Anda memiliki peringkat yang bagus pada mesin pencarian seperti Google, Bing, dan lain sebagainya.

Buat Konten yang Menarik

Selain memilih keyword yang tepat tentunya konten yang ada pada blog Anda harus menarik. Ini juga menjadi syarat penting jika Anda mengikuti program Google Adsense. Konten yang menarik harus sejalan dengan program afiliasi, yaitu konten Anda harus mengandung unsur menjual.

Anda dapat memulainya dengan membuat konten review produk yang Anda ikuti program afiliasi. Selain konten review produk, Anda juga dapat membuat konten artikel panduan penggunaan produk, rekomendasi produk dan lain sebagainya.

Penempatan Link Afiliasi yang Tepat

Banyaknya pengunjung blog Anda tidak ada manfaatnya jika link Afiliasi tidak terlihat atau ditemukan oleh pengunjung blog, dan berujung Anda tidak akan memperoleh keuntungan. Dengan itu penempatan link Afiliasi harus sangat diprioritaskan.

Pastikan link Afiliasi di letakkan pada lokasi yang sangat strategis dan gampang untuk dilihat. Seperti di sidebar, di dalam artikel pada posisi awal artikel, pertengahan artikel, dan akhir artikel.

Blog Mudah Diakses dan Mobile Friendly

Banyak beberapa artikel mengatakan blog mudah diakses dan mobile friendly tidak ada kaitannya dengan Afiliasi, namun bagi saya ini sangatlah ada kaitannya dan perlu diperhatikan. Mengapa seperti itu? Jika blog Anda lambat diakses tentunya pengujung akan cepat meninggalkan blog Anda dan akan mengunjungi blog lainnya.

Selain itu, jika Anda menggunakan media gambar untuk meletakkan link Afiliasi blog Anda lambat untuk dimuat maka kemungkinan besar gambar tersebut tidak akan muncul, ini tentunya akan merugikan Anda. Sebagian besar pengunjung blog berasal dari pengguna mobile atau smartphone, blog yang mobile friendly tentunya membawa keuntungan tersendiri. Mengapa demikian? Karena blog terlihat rapi dan tidak berantakan pada tampilan mobile akan membuat pelanggan betah dan selalu mengujungi blog Anda.

Baca juga: Cek website sudah mobile friendly atau belum.

Demikianlah penjelasan singkat mengenai apa itu afiliasi dan bagaimana mempersiapkan blog Anda mengikuti program Afiliasi. Semoga bermanfaat dan Terimakasih.


administrator

Eko Pramono lebih akrab disapa Pram, seorang web developer, suka nulis, suka ngegame, dan suka turing. Bekerja di salah satu perusahaan Digital Marketing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *