Address

Perm. Handayani, Jl. Handayani, Pekanbaru, Riau

Contact

Mengatasi MySql Tidak Berjalan di XAMPP – Halo, apa kabar semuanya? Semoga Anda dalam keadaan sehat selalu ya. Sesuai dengan judul besar pada artikel ini, saya akan membahas mengenai XAMPP. Jika Anda menggunakan aplikasi server lokal seperti XAMPP ada sesuatu yang sering terjadi dan alami. Salah satunya adalah fitur MySql tidak dapat berjalan atau aktif dan tiba-tiba berhenti.

Permasalahan ini saya alami sendiri, sementara sebelumnya saya tidak ada melakukan konfigurasi apapun pada XAMPP. Untuk lebih jelas error apa yang tampil ketika MySql berhenti mendadak, lihat gambar dibawah ini (bagian tulisan merah):

Mengapa itu bisa terjadi? ada beberapa faktor yang menyebabkan mysql berhenti mendadak. Berikut beberapa faktor yang menyebabkan mysql di xampp tidak dapat berjalan:

  • Port mysql dipakai bersamaan dengan aplikasi lain
  • Adanya Database yang rusak
  • File data MySql hilang atau tidak sengaja terhapus

Mengatasi MySql Tidak Berjalan

Lalu bagaimana mengatasi atau cara memperbaiki permasalahan ini?. Saya tahu tentunya ini akan membuat Anda panik dan cemas. Jangan panik! dan jangan lakukan hal diluar pengetahuan dan kemampuan Anda. “JANGAN LANGSUNG UNISTALL XAMPP!”. Anda dapat menggunakan beberapa cara mengatasi mysql tidak berjalan di xamp berikut ini:

Jalankan dengan Run as Administrator

Sesuai yang sering saya alami, XAMPP sering menghasilkan beberapa error jika menjalankannya menggunakan akses bukan administrator. Banyak komponen pada xampp tidak dapat berfungsi atau berjalan dengan benar pada tingkat izin yang lebih rendah.

Jika mysql tiba-tiba mati dan tidak dapat terhubung, matikan ulang xampp Anda. Lalu buka atau jalankan menggunakan pilihan Run as Administrator. Cukup mudah, klik kanan pada aplikasi lalu pilih Run as Administrator.

Ubah Port MySql

Salah satu penyebab paling umum dari mysql yang tidak dapat berjalan adalah dari port. Ada perangkat lunak atau aplikasi lain yang menggunakan port yang sama pada mysql. Secara default port mysql menggunakan 3306. Lalu bagaimana merubah port default mysql? cukup mudah, klik menu atau tombol config pada mysql, pilih my.ini dan ubah port menjadi 3307 lalu simpan. Lihat gambar dibawah ini:

mengatasi mysql tidak berjalan
mengatasi mysql tidak berjalan

Kembalikan Backup Data MySql

Jika dari dua cara diatas tidak mengatasi permasalahan Anda, jalan terakhir adalah mengembalikan seluruh data mysql yang ada pada folder backup. Bagaimana caranya? perhatikan dan ikuti langkah-langkah dibawah ini satu persatu. Cara ini sangat aman, dan data Anda tidak akan terhapus atau hilang.

  • Buka folder instalasi XAMPP berada, lalu buka folder mysql
  • Anda akan menemukan folder dengan nama data, rename atau ubah nama folder data menjadi data_OLD
  • Buat folder baru, dan beri nama data
  • Buka folder backup, copy semua file yang ada di dalamnya,
  • Paste di dalam folder data tadi
  • Buka folder data_OLD, copy file ibdata1
  • Paste dan Replace di dalam folder data
  • Buka lagi folder data_OLD, lalu copy folder database yang akan Anda pakai dan folder mysql. Folder performance, phpnyadmin dan test tidak perlu Anda copy.
  • Paste dan Replace di dalam folder data

Jika sudah, buka xampp Anda menggunakan metode atau akses Run as Administrator. Coba start ulang mysql di xampp Anda.

Pada permasalahan yang saya alami cara yang mana dapat berjalan dengan sukses? Saya menggunakan cara yang ketiga atau terakhir, cara pertama dan kedua saya tidak berhasil. Namun, ada beberapa teman saya menggunakan cara ganti port saja itu berhasil dan mysql dapat berjalan normal lagi.

Cara pertama sampai terakhir tidak ada yang sukses? Tenang, jangan panik dan masih ada cara lain.

Menggunakan Fitur Shell

Pastikan Anda sudah membuka atau menjalankan xampp ya. Klik menu atau tombol shell pada xampp

Maka akan muncul tampilan cmd atau command prompt, ketikkan ” mysqld –console –skip-grant-tables –skip-external-locking “ tanpa tanda petik lalu tekan enter.

mengatasi mysql tidak berjalan

Minimize cmd yang sedang berjalan atau melakukan proses perbaikan. Klik lagi menu atau tombol shell pada xampp dan ketikkan perintah ini pada cmd ” mysqlcheck -r –databases mysql –use-frm “, tanpa tanda petik lalu tekan enter. Tunggu proses repair database selesai pada command prompt. Jika sudah selesai close semua cmd yang Anda buka tadi, jalankan ulang xampp menggunakan run as administrator.

Demikianlah pembahasa mengenai cara mengatasi mysql tidak berjalan normal. Jika Anda punya cara lain untuk memperbaiki mysql di xampp, silahkan ajukan pada kolom komentar setelah artikel ini ya. Semoga bermanfaat dan terimakasih.


administrator

Eko Pramono lebih akrab disapa Pram, seorang web developer, suka nulis, suka ngegame, dan suka turing. Bekerja di salah satu perusahaan Digital Marketing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *