Address

Perm. Handayani, Jl. Handayani, Pekanbaru, Riau

Contact

Aplikasi text editor terbaik – Aplikasi text editor adalah sebuah software yang dapat membantu Anda membuat kerangka atau struktur halaman website. Aplikasi ini menjadi tools andalan bagi seorang programmer untuk membuat website. Jika Anda memiliki perangkat yang standar, jangan pernah menggunakan aplikasi editor yang berat.

Ada beberapa aplikasi yang sudah tersedia pada sistem operasi, namun terkadang kemampuannya kurang memadai. Aplikasi tersebut seperti notepad pada sistem operasi windows, Textedit pada MAC, dan text editor pada Linux.

Baca juga: Rekomendasi Plugin Page Builder WordPress

Aplikasi Text Editor Terbaik

Anda baru belajar HTML dasar untuk pemula? Atau dari beberapa aplikasi web editor berikut ini Anda belum mengetahui dan belum pernah menggunakan?. Simak penjelasan berikut ini.

Visual Studio Code

aplikasi text editor programmer

Aplikasi Visual studio code ini dikembangkan oleh perusahaan Microsoft. Visual studio code dapat di pakai pada semua sistem operasi seperti Linux, Mac dan tentunya windows sangat mendukung. Banyak bahasa pemograman yang dapat di tulis seperti Phyton, Markdown, YAML, PHP, JSON, Java dan lain sebagainya.

Fitur yang ada pada aplikasi ini bisa di katakan sangat lengkap, seperti auto suggestion ketika kita mengetik tag html dan auto closing tag pada saat kita ketik open tag html. Ini sangat membantu Anda menghemat waktu dalam pengetikan kode. Pada saat ini aplikasi ini juga dapat melakukan remot, sinkronisasi dan update kode pada gitlab dan github.

Jika Anda ingin mencoba dapat menggunakan versi gratis dan berbayar. Aplikasi ini dapat Anda dapatkan melalui website resmi langsung Microsoft visual studio.

Sublime Text

aplikasi text editor programmer

Jika perangkat Anda memiliki spesifikasi yang standar dan ingin aplikasi text editor yang ringan Sublime Text adalah jawabannya. Sublime text memiliki tampilan editor yang sangat berwarnaa dan tersedia fitur yang sangat lengkap. Anda dapat menyesuaikan tema sesuai dengan keinginan.

Apakah Sublime text dapat digunakan pada semua sistem operasi? Tentunya sublime dapat mendukung banyak sistem operasi seperti MAC, Linux, Windows dan lain sebagainya. Jika Anda menggunakan sistem operasi Linux, sublime text akan memiliki performa yang lebih maksimal.

Pada aplikasi ini juga menyediakan plugin, Anda dapat menambah fitur dengan menginstall plugin. Sublime text tersedia dengan dua versi, yaitu gratis (trial) dan berbayar ($70). Download langsung melalui situs resminya jika Anda tertarik untuk menggunakannya.

Notepad++

Notepad++ merupakan sebuah aplikasi editor text gratis sebagai pengganti aplikasi notepad yang sudah tersedia secara default di sistem operasi windows. Berdasarkan komponen pengeditannya, notepad++ ditulis dalam bahasa c++ dan menggunakan API dan STL Win32 yang dapat meningkatkan kecepatan eksekusi kode.

Dari segi tampilan, tentunya notepad++ lebih terlihat modern dibandingkan dengan notepad bawaan windows. Seperti aplikasi lainnya, notepad++ juga dapat membaca berbagai macam bahasa pemograman. Anda juga dapat menggunakan plugin tambahan untuk menambah fitur.

Selain fitur diatas, ada lagi fitur yang tentunya sangat bermanfaat yaitu shortcut, text shortening, auto completion, dan masih banyak lagi.

Komodo

aplikasi text editor programmer

Komodo Edit merupakan sebuah aplikasi yang memiliki tampilan yang sangat mirip dengan sublime text. Fitur Andalannya adalah mendukung bahasa pemograman tingkat tinggi seperti SQL, Python, Ruby, PHP dan lain sebagainya. Untuk sistem operasi yang di dukung seperti Windows, Linux, dan Mac OS.

Komodo Edit sudah ada sejak 2007 yang saat itu untuk melengkapi IDE berbayar Komodo ActiveState. Anda tertarik untuk menggunakannya? Silahkan download langsung melalui Github.

Masih banyak lagi aplikasi text editor programmer coba, sesuaikan saja pilihan dengan kebutuhan Anda. Anda tidak perlu menggunakan aplikasi yang banyak digunakan oleh para programmer pada umumnya. Karena kemudahan dan efesiensi kuncinya untuk menciptakan dan menghasilkan aplikasi.

Demikianlah pembahasan mengenai aplikasi text editor untuk programmer, jika Anda memiliki aplikasi lain silahkan ajukan pada kolom komentar dibawah ini. Semoga bermanfaat dan terimakasih. 🙂


administrator

Eko Pramono lebih akrab disapa Pram, seorang web developer, suka nulis, suka ngegame, dan suka turing. Bekerja di salah satu perusahaan Digital Marketing.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.