Address

Perm. Handayani, Jl. Handayani, Pekanbaru, Riau

Contact

Content Managemen System atau biasa dekenal dengan CMS, saat ini banyak CMS yang tersedia dengan banyak fitur dan kemampuan. Pada saat ini CMS masih menjadi senjata andalan bagi mereka yang ingin membangun blog pribadi. Tidak hanya untuk membuat blog, banyak perusahaan menggunakan CMS untuk membuat website company profile dan e-commerce.

Baca juga: Aplikasi text editor Terbaik untuk Programmer

Banyak dari pengguna internet belum mengetahui apa itu CMS, fungsi, jenis dan manfaat menggunakannya. Berikut penjelasan lengkap mengenai CMS.

Apa itu CMS?

CMS atau dengan kepanjangan Content Managemen System merupakan sebuah perangkat lunak atau sistem yang digunakan untuk mengatur, membuat dan mengelola konten di wesbite. Sebagai contoh adalah blog pribadi, website company profile, e-commerce, forum dan masih banyak lagi.

Dengan adanya konten manajemen sistem menjadi alternatif bagi Anda yang ingin mengembangkan situs tanpa harus belajar lebih dalam bahasa pemograman. Selain itu, juga tidak harus mengeluarkan biaya yang banyak untuk pembuatan website. Mulai dari proses instalasi hingga penerapan tema website tidak membutuhkan waktu lama.

Jenis-jenis CMS

Jika Anda browsing di internet jenis-jenis CMS maka akan banyak sekali bermunculan CMS yang ada. Berikut beberapa jenis CMS rekomendasi dan banyak di pakai saat ini.

WordPress

apa itu CMS

Salah satu CMS populer saat ini adalah wordpress. WordPress adalah sebuah aplikasi open source, Anda juga dapat berkontibusi untuk mengembangkannya dan gratis. CMS ini dibangun menggunakan bahasa pemograman PHP dan menggunakan databasae MySQL. Perlu Anda ketahui bahwa wordpress menjadi CMS yang paling banyak pengguna untuk membuat website di dunia.

Sesuai data yang ada pada situs resminya sekitar 42% website di internet berjalan dan menggunakan wordpress. Selain itu wordpress memiliki komunitas yang sangat besar. Jangan khawatir jika Anda ingin belajar, karena banyak pengguna dan forum wordpress yang dapat membantu.

Baca juga: Plugin Page Builder WordPress

Jika Anda ingin menggunakan wordpress, ada dua situs wordpress yang dapat Anda gunakan sesuai kebutuhan. Ingin membuat blog dengan instan dapat menggunakan situs wordpress.com. Situs ini merupakan layanan hosting, selain itu digunakan sebagai pembuat wesbite instan. Anda tidak perlu memikirkan desain dan membuat tata letak, sudah banyak tersedia tema sesuai keinginan Anda. Namun sayangnya kemampuannya sangat terbatas, seperti tidak dapat menambah plugin, optimisasi SEO, Google Adsense dan lain sebagainya.

Untuk situs satu lagi adalah WordPress.org berfungsi dan bertujuan untuk Anda yang ingin melakukan kustomisasi dan penggunaan wordpress secara leluasa tanpa batasan. Seperti penggunaan plugin, informasi trafik pengunjung, tata letak hingga kustom fungsi logika.

Ada banyak situs terkenal menggunakan wordpress, diantaranya adalah BBC, Microsoft News, TechCrunch dan masih banyak lagi. Google juga menyatakan bahwa memberikan hak istimewa dan prioritas untuk situs yang menggunakan wordpress untuk di index terlebih dahulu. Ini sangat menguntungkan bagi Anda yang menggunakan wordpress.

Joomla

apa itu CMS

Joomla berasal dari kata Swahili yaitu Jumla yang memiliki arti kebersamaan. Dahulunya joomla menjadi pesaing berat wordpress, dengan banyaknya mereka yang beralih menggunakan wordpress hingga saat ini masih cukup banyak menggunakan joomla sebagai manajemen kontennya.

Tidak jauh berbeda dengan pesaingnya, joomla juga dapat kustom sesuai kebutuhan Anda. Selain itu juga memiliki fitur penggunaan plugin meskipun tidak sebanyak wordpress plugin yang tersedia. Konsep joomla dibangun menggunakan metode MVC yang saat ini banyak di terapkan pada pengembangan sistem perangkat lunak.

Banyak yang menggunakan joomla untuk website skala kecil seperti UMKM, selain itu juga dalam skala besar seperti majalah, koran, forum, e-commerce, dan lain sebagainya. Tentunya hingga saat ini joomla masih di kembangkan, terbukti dengan adanya update sistem hingga saat ini. Joomla juga open source, gratis! Komunitas juga bisa di katakan cukup besar. Anda berminat ingin mencoba? silahkan kunjungi situs resminya untuk mempelajarinya.

Drupal

apa itu CMS

Drupal juga konten manajemen sistem, dan dikembangkan untuk pembuatan situs dan aplikasi. Sistem keamanan yang dimiliki drupal juga sangat bagus. Prinsip yang mendasar pada drupal adalah fleksibilitas dan modular. Sama seperti cms lainnya, drupal merupakan sebuah perangkat lunak open source. Anda dapat mengunduh, menggunakan, mengerjakan, dan membagikan kepada orang lain.

Drupal berstatus lisensi GNU (General Public License), ini menandakan sampai kapanpun drupal gratis. Drupal memiliki keunggulan dalam pengelolaan konten dan tampilan antar muka yang mudah untuk dipahami. Jika Anda ingin menambahkan kustom field, drupal dapat melakukan itu.

Banyak instansi pendidikan, pemerintahan, Universitas dan perusahaan besar menggunakan drupal sebagai konten manajemen sistemnya, sebut saja NBC, BBC, dan Oxford.

Demikianlah pembahasan mengenai content manajemen system, Anda dapat mencoba satu persatu dan tentukan mana yang terbaik dan sesuai dengan kebutuhan Anda. Jika ada platform lain, silahkan ajukan pada kolom komentar setelah pembahasan ini. Semoga bermanfaat dan terimakasih. 🙂


administrator

Eko Pramono lebih akrab disapa Pram, seorang web developer, suka nulis, suka ngegame, dan suka turing. Bekerja di salah satu perusahaan Digital Marketing.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.