Address

Perm. Handayani, Jl. Handayani, Pekanbaru, Riau

Contact

Favicon merupakan sebuah gambar/ikon kecil yang berada pada tab browser website. Favicon ditujukan untuk menunjukkan sebuah identitas website Anda. Pada dasarnya favicon yang ditampilkan pada saat kita menginstall wordpress secara default adalah ikon wordpress. Lalu bagaimana cara mengganti Favicon default di wordpress?

Cukup mudah sekali, Anda tidak perlu menggunakan kode khusus. Yang perlu Anda persiapkan adalah gambar/ikon yang akan dijadikan Favicon. Ukuran yang di rekomendasikan oleh wordpress adalah gambar/ikon tidak melebihi 512×512 pixel. Ada 2 cara mudah cara mengganti favicon, berikut langkah-langkahnya.

Menggunakan Favicon Generator

  • Tentukan gambar yang Anda gunakan, format gambar disarankan menggunakan SVG atau PNG.
  • Buka link ini https://www.favicon-generator.org/. Silahkan pilih gambar yang akan Anda gunakan, pastikan “Maintain Image Dimensions (don’t resize to be square)” dalam keadaan unchecklist atau tidak aktif supaya gambar tidak terpotong. Lalu klik pada tombol Create Favicon
cara mengganti favicon wordpress
  • Download gambar/ikon yang Anda generate tadi
cara mengganti favicon wordpress
  • Jika sudah di download, pastikan Anda sudah login. Anda dapat menggunakan menu Apperence » Customize, atau pada halaman depan dapat Anda temukan pada Admin bar » Customize.
cara mengganti favicon wordpress
  • Kemudian pilih menu Site Identity, kemudian pilih atau upload ikon yang sudah Anda download tadi.
cara mengganti favicon wordpress
  • Jika sukses maka tampilannya akan seperti dibawah ini
cara mengganti favicon wordpress
  • Kemudian klik tombol Publish

Anda dapat reload ulang halaman yang Anda buka dan perhatikan pada tab web browser Anda. Jika belum berubah buka halaman Anda menggunakan Halaman incognito.

UPDATE!

Jika Anda menggunakan generator favicon diatas dan memiliki file gambar/logo dengan ukuran diatas 2 MB maka itu tidak dapat berjalan dengan baik. Favicon tersebut hanya memiliki maksimal ukuran gambar 2 MB saja. Sebagai gantinya Anda dapat menggunakan https://www.websiteplanet.com/id/webtools/favicon-generator/. Pada website ini memiliki maksimal ukuran file sekitar 5 MB.

Cara ketiga adalah tanpa menggunakan favicon generator, Anda hanya perlu memastikan gambar yang akan dibuat tidak melebihi ukuran yang wordpress sarankan. Anda langsung melakukan langkah pada menu customize diatas, lakukan hingga langkah terakhir.

Cukup mudah bukan? Semoga artikel cara mengganti favicon wordpress bermanfaat. Jika Anda mengalami kesulitan dan mengalami kesulitan silahkan ajukan pertanyaan di kolom komentar setelah artikel ini. Terimakasih.


administrator

Eko Pramono lebih akrab disapa Pram, seorang web developer, suka nulis, suka ngegame, dan suka turing. Bekerja di salah satu perusahaan Digital Marketing.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.