Address

Perm. Handayani, Jl. Handayani, Pekanbaru, Riau

Contact

Pembahasan kali ini adalah bagaimana cara install wordpress di localhost menggunakan Xampp. Jika Anda belum mengetahui apa itu xampp atau ingin menggunakan aplikasi lainnya silahkan baca artikel apa itu localhost dan aplikasi server localhost [disini].

Xampp menjadi salah satu aplikasi lokal yang banyak di gunakan hingga saat ini. Selain mudah untuk digunakan, banyak fitur yang disediakan tentunya aplikasi ini gratis dan tersedia untuk banyak sistem operasi. Jika Anda belum install, silahkan download terlebih dahulu xampp melalui website resminya [disini].

Sebelum membahas topik utama, ada beberapa pertanyaan yang sering saya terima pada saat membangun website. Diantaranya, mengapa harus di localhost? Ada beberapa alasan mengapa lebih baik melakukan install wordpress di localhost di bandingkan langsung pada server. Alasan pertama adalah gratis, jika Anda memiliki biaya yang kecil tentunya ini menjadi solusi terbaik. Alasan kedua adalah tidak membutuhkan koneksi internet.

Cara Install WordPress di Localhost

Seperti yang sudah di jelaskan, bahwasannya keuntungan menggunakan localhost adalah tidak membutuhkan koneksi internet. Anda dapat membuat website dengan aman, mudah dan dapat dimanapun berada. Berikut cara install wordpress di localhost. Adapun bahan yang perlu Anda persiapkan adalah:

Langkah 1, Run Xampp

Buka aplikasi xampp atau xampp control Anda, lalu klik tombol start pada Apache dan MySQL

Langkah 2, Membuat Database

Membuat database di Xampp sangatlah mudah, buka browser Anda dan ketikkan pada kolom URL link berikut ini lalu tekan enter:

http://localhost/phpmyadmin/

Jika benar, maka akan muncul tampilan konfigurasi phpmyadmin. Selanjutnya klik menu database, masukkan nama database dan pastikan tidak terlalu sulit untuk diingat. Langkah selanjutnya adalah klik tombol create.

Langkah 3, Install WordPress

Pastikan Anda sudah download file wordpress melalui website resminya, selanjutnya buka folder xampp htdocs dan buat folder baru dengan nama yang Anda inginkan. Extract file wordpress, pastikan semua file wordpress tidak berada di dalam folder wordpress lagi. Ini bertujuan untuk mempermudah pemanggilan di URL browser Anda. Bagaimana jika masih di dalam folder wordress? Tidak masalah, tentunya Anda menambah direktori wordpress pada URL browser.

Jika semua sudah selesai, ketikkan URL di browser Anda seperti dibawah ini, sesuaikan nama folder Anda!

http://localhost/wp/

Maka akan tampilan seperti dibawah ini, pilih bahasa yang Anda inginkan. Saya merekomendasikan tetap menggunakan bahasa English (United States). Lalu klik atau pilih tombol Continue..

Kemudian klik tombol Let’s Go untuk melanjutkan instalasi wordpress.

cara install wordpress di xampp

Langkah selanjutnya adalah mengisi detail pengaturan, seperti nama, username dan password database. Isi seperti gambar dibawah ini, untuk username jika Anda mengubah username pada database maka sesuaikan, begitu juga dengan password. Jika tidak, isikan username dengan root dan kosongkan password.

cara install wordpress di xampp

Klik tombol submit jika semuanya sudah Anda benar, jika salah maka akan kembali mengisikan detail ini lagi sampai semuanya benar. Selanjutnya, pada tampilan lain isikan detail website yang akan Anda buat,

cara install wordpress di xampp

Jika sudah, klik tombol install wordpress. Proses instalasi tidak membutuhkan waktu yang lama, tunggu hinga selesai. Kemudian login menggunakan username dan password yang sudah Anda masukkan tadi.

cara install wordpress di xampp

Cukup mudah bukan? Demikianlah cara install wordpress di xampp, jika Anda mengalami kendala dan kesulitan silahkan ajukan pada kolom komentar setelah artikel ini. Semoga bermanfaat dan terimakasih. 🙂


administrator

Eko Pramono lebih akrab disapa Pram, seorang web developer, suka nulis, suka ngegame, dan suka turing. Bekerja di salah satu perusahaan Digital Marketing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *