Address

Perm. Handayani, Jl. Handayani, Pekanbaru, Riau

Contact

Cara embed video di wordpress – Halo, pembahasan kali ini berkaitan dengan bagaimana Anda dapat menambahkan video di situs yang menggunakan wordpress. Salah satu acuan google menilai sebuah konten itu unik dan menarik adalah salah satunya konten berikan video. Jadi bukan hanya teks atau gambar saja, video akan menentukan keterkaitan konten dengan apa yang dibahas.

Jika Amda punya chanel youtube, dan meletakkan video yang berkaitan dengan artikel tentunya ini semakin bagus. Anda akan mendapatkan tambahan penonton dari website. Selain mendapatkan tambahan view, juga nantinya akan meningkatkan jumlah subscriber youtube.

Lalu bagaimana cara menambahkan atau memasukkan video di wordpress dari youtube ataupun vimeo?

Cara Embed Video di WordPress

Berikut ini akan saya rincikan satu persatu bagaimana cara menambahkan video dari youtube ke dalam artikel yang ada di website. Ada beberapa cara menambahkan video di wordpress, berikut cara lengkapnya:

Menggunakan Fitur Share Youtube

Cara ini sangat direkomendasikan untuk Anda yang ingin menambahkan video youtube ke website. Namun jika Anda ingin mengkustom atau membuat tampilan yang berbeda video yang ada cara ini tidak lah dianjurkan. Mengapa demikia? karena iframe tidak dapat Anda kustom menggunakan CSS ataupun javascript sekalipun.

  • Buka video yang ingin Anda tambahkan
  • Pilih ikon Share yang berada pada pojok kanan bawah video
cara embed video wordpress
  • Lalu pilih Embed
  • Lalu pilih Copy
cara embed video wordpress
  • Jika ingin menambahkan video pada artikel yang menggunakan gutenberg editor, tambahkan elemen HTML
cara embed video wordpress
  • Lalu paste kode embed tadi ke dalam elemen HTML gutenberg. Berikut contoh pemasangannya
cara embed video wordpress

Copy Pate Link Youtube

Cara ini dapat Anda lakukan jika tidak ingin ribet dan melakukan kustom tampilan video yang ada nantinya. Berikut cara sederhananya:

  • Buka video yang ingin Anda tambahkan nantinya
  • Copy URL video yang sudah Anda buka tadi
  • Tambahkan elemen HTML atau ubah mode penulisan pada klasik editor wordpress Visual ke Text
  • Paste URL yang sudah Anda copy tadi

Plugin Embed Video WordPress

Tidak sangat direkomendasikan, jika website terlalu banyak menggunakan plugin ini akan berdampak buruk pada performa. Berdampak baik itu dalam hal kecepatan website dan SEO nantinya. Tapi jika Anda ingin mencoba, saya akan memberikan beberapa plugin yang dapat Anda gunakan:

Baca juga: Apa itu Plugin WordPress

Demikianlah cara sederhana menambahkan video youtube ke dalam website. Punya cara lain bagaimana ini nantinya bisa membantu orang lain juga? Silahkan ajukan pada kolom kemonter setelah pembahasan ini. Semoga bermanfaat dan terimakasih!


administrator

Eko Pramono lebih akrab disapa Pram, seorang web developer, suka nulis, suka ngegame, dan suka turing. Bekerja di salah satu perusahaan Digital Marketing.

Leave a Reply

Your email address will not be published.