Address

Perm. Handayani, Jl. Handayani, Pekanbaru, Riau

Contact

Cara hapus tanggal publish yoast schema – Halo, semoga Anda dalam keadaan sehat selalu ya. Kali ini saya akan membahas mengenai bagaimana cara menghapus tanggal publish atau tanggal terbit suatu post. Secara default, jika menggunakan plugin Yoast SEO maka tanggal publish otomatis muncul. Baik itu pada meta post dan muncul pada hasil pencarian.

Ada beberapa kasus, seperti yang saya alami dalam hal pekerjaan ada permintaan untuk tidak menampikan tanggal publish post. Mesin pencarian seperti google dan bing menampilkan tanggal di hasil pencarian dengan kata kunci yang Anda gunakan. Mungkin ini akan mempengaruhi apakah pengguna akan melakukan klik untuk mengunjungi situs Anda.

Baca juga: Cara Perbaiki Duplicate URL Sitemap Yoast

Lihat gambar berikut, tanggal publish post muncul pada mesin pencarian. Sayangnya, tanggal yang ditampilkan ini terkadang tidak akurat. Jika Anda melakukan edit post atau halaman, tanggal yang muncul nantinya bukan tanggal publish pertama kali melainkan tanggal update terakhir.

hapus tanggal publish yoast schema

Jika Anda view source pada halaman post, maka date publish dan update juga akan muncul. Selain itu juga ternyata pada json yoast date publish juga otomatis terbuat.

Untuk versi yoast lama, mereka memberikan fitur ini langsung pada halaman pengaturan yoast. Namun sayangnya, saat ini fitur itu sudah tidak tersedia lagi.

Hapus Tanggal Publish Yoast Schema

Meskipun pada plugin Yoast versi terbaru, fitur untuk menonaktifkan tanggal publish, update dan pada schema sudah tidak ada. Anda tetap dapat melakukan ini dengan menggunakan kode. Berikut cara mudah dan aman untuk menghapus tanggal publish pada meta dan schema wordpress.

Tambahkan kode ini pada file function.php atau file kustom yang sudah Anda buat.

add_filter ( 'yoast_seo_development_mode' , '__return_true' );

Kode diatas adalah membuat plugin Yoast SEO dalam mode pengembangan. Ini membuat schema lebih mudah untuk kita baca nantinya dan dapat melihat sumbernya pada saat melakukan debug. Nantinya akan muncul kode seperti gambar diatas yang sudah saya tampilkan.

Baca juga: Cara Batasi Jumlah Entri Sitemap Yoast

Selanjutnya, tambahkan kode berikut ini pada file function.php atau file kustom function yang ada di situs Anda.

/**
 * Remove date published and date modified from the Yoast SEO plugin schema
 *
 * @param array $graph_piece Yoast schema pieces.
 *
 * @return array
 */
function vanv_remove_published_modified_dates( $graph_piece ) {

	unset( $graph_piece['datePublished'], $graph_piece['dateModified'] );

	return $graph_piece;

}

add_filter( 'wpseo_schema_webpage', 'vanv_remove_published_modified_dates' );
add_filter( 'wpseo_schema_article', 'vanv_remove_published_modified_dates' ); 

Kode diatas akan menghapus semua data yang berkaitan dengan date publish yang ada pada halaman (page) ataupun article (post). Untuk memastikan kode ini berjalan atau tidak, silahkan buka pada browser dengan mode incognito (samaran). Jangan lupa untuk clear cache pada situs dan browser Anda.

Demikianlah pembahasan mengenai yoast SEO bagaimana cara hapus tanggal terbit yang ada pada meta dan schema. Jika ada cara lain, dan dapat membuat semua orang terbantu dengan kode Anda. Ajukan pada kolom komentar ya, semoga bermanfaat dan terimakasih!

Sumber:
https://wp-snippet.dev/snippet/remove-published-date-from-yoast-schema/
https://gist.github.com/amboutwe/e5b83cd990b5c1bc4015c20f5e3cd754


administrator

Eko Pramono lebih akrab disapa Pram, seorang web developer, suka nulis, suka ngegame, dan suka turing. Bekerja di salah satu perusahaan Digital Marketing.

Leave a Reply

Your email address will not be published.