Address

Perm. Handayani, Jl. Handayani, Pekanbaru, Riau

Contact

Mengatasi Error Penjadwalan Publish Post WordPressPrameko.com. WordPress hadir dengan banyak fitur yang sangat menguntungkan bagi Anda, khususnya dalam hal mengelola konten. Anda dapat mengatur jadwal publish artikel sesuai dengan keinginan, sehingga Anda tidak perlu lagi untuk login dan menerbitkan artikel.

Anda cukup mengatur tanggal, bulan dan jam pada artikel yang akan Anda publish. Nantinya artikel akan publish secara otomatis sesuai dengan waktu yang Anda atur tadi. Namun sayangnya, fitur ini tidak berjalan dengan baik dan mengalami gagal publish. Istilah error ini adalah error missed schedule. Permasalahan ini pasti terjadi, dan mengakibatkan Anda harus publish artikel secara manual lagi.

cara mengatasi error penjadwalan wordpress
Sumber gambar: wpbeginner.com

Ada banyak penyebab yang menimbulkan error missed schedule, salah satunya adalah pada hosting dan plugin. WordPress memiliki teknologi yang disebut dengan istilah Cron atau WordPress Cron untuk menjalankan sistem publish artikel secara otomatis dan tepat waktu.

Jika server hosting atau plugin yang Anda pakai mengatur atau membatasi sitem kerja Cron, maka wordpress akan kehilangan tugas untuk memeriksa penjadwalan secara otomatis. Tentunya ini sangat merugikan bagi Anda yang selalu membuat sistem penjadwalan publish artikel setiap harinya.

Cara Mengatasi Error Penjadwalan WordPress

Setelah Anda memahami mengapa sistem penjadwalan publish artikel tidak berjalan dengan baik, berikut ini saya akan memberi tahu bagaimana cara mengatasi permasalahan ini. Ada beberapa yang dapat Anda lakukan, lakukan satu persatu cara seperti dibawah ini:

Cek Pengaturan Zona Waktu WordPress

Mengatur zona waktu pada website yang Anda bangun menggunakan wordpress sangatlah penting. Namun, banyak pengguna mengabaikan dan melewatkan step ini setelah menginstall wordpress. Ini akan menyebabkan permasalahan, salah satunya adalah wordpress tidak akan melakukan kinerja dengan maksimal pada saat melakukan sistem penjadwalan.

Zona waktu wordpress tidak cocok dengan zona waktu yang ingin Anda gunakan untuk menerbitkan dan mengelola artikel pada website. Silahkan cek pengaturan zona waktu, cukup buka Dasboard » Settings » General, lalu cari pengaturan zona waktu. Sesuaikan zona waktu dengan lokasi sesungguhnya Anda saat ini.

Jika zona waktu yang Anda rubah sudah sesuai, jangan lupa untuk klik tombol simpan.

Bersihkan Cache WordPress

Cek pada website yang Anda buat, jika menggunakan tema wordpress premium banyak dari pembuat tema menyertakan plugin cache di dalamnya. Bersihkan cache website Anda secara teratur. Anda dapat membersihkan cache minimal satu kali dalam sehari. Jika tidak, konfigurasikan plugin cache Anda dengan benar untuk menghapus cache secara otomatis dan berkala setiap harinya.

Tambah Batas Memory Server

Server yang Anda pakai kadang memiliki batas memori yang rendah. Anda dapat menambah batas memori limit server untuk menginzinkan wordpress menggunakan lebih banyak memori server untuk berjalan lebih baik lagi. Buka file wp-config.php, Anda dapat mengakses file ini menggunakan FTP Filezilla atau langsung pada file manager server. Tambahkan kode dibawah ini pada file wp-config.php,

Baca juga: Apa itu Filezilla, Download dan Cara Menggunakannya

define('WP_MEMORY_LIMIT', '1000M');

Cek Pengaturan Cron WordPress

Cara selanjutnya adalah dengan mengecek pengaturan cron yang ada pada website. Seperti cara sebelumnya bagaimana menambah batas memori server website, gunakan akses FTP Filezilla untuk menemukan file wp-config.php. Jika sudah menemukan, buka dan lihat pada kode pendek dibawah ini, jika tidak ada maka tambahkan.

define('DB_COLLATE', '');

tambahkan kode pendek berikut ini tepat dibawah kode diatas, ini berfungsi untuk menonaktifkan fungsi cron pada wordpress supaya tidak tumpang tindih.

define('DISABLE_WP_CRON', true);

Jika sudah menambahkan kode jangan lupa untuk simpan kembali file wp-config.php.

Menggunakan Plugin

Jika cara diatas tidak memiliki akses pada server dan FTP untuk membuka file wp-config.php dan terlalu berbahaya bagi Anda, dapat menggunakan Plugin. Menggunakan plugin tentunya akan mengurangi resource atau kapasitas server. Jika memiliki kapasitas server yang sedikit dan memiliki batas inodes yang sedikit tidak disarankan menggunakan cara ini. Download dan install plugin WP Missed Schedule Plugin.

Plugin ini akan bekerja setiap 5 menit sekali dengan memindai semua artikel yang ada. Jika plugin ini menemukan beberapa post yang missed schedule akan langsung mempublish artikel tersebut.

Jangan pernah anggap sepele permasalahan ini, pekerjaan Anda akan bertambah dan kembali manual untuk publish artikel setiap harinya. Anda dapat menggunakan cara diatas dengan menambahkan kode, cek konfigurasi cron pada server, dan dapat juga mneggunakan plugin wordpress.

Semoga cara yang sudah saya sampaikan tentang cara mengatasi error penjadwalan wordpress dapat membantu dan memecahkan masalah Anda. Jika Anda memiliki cara lain, silahkan ajukan pada kolom komentar setelah pembahasan ini. Semoga bermanfaat dan terimakasih! 🙂


administrator

Eko Pramono lebih akrab disapa Pram, seorang web developer, suka nulis, suka ngegame, dan suka turing. Bekerja di salah satu perusahaan Digital Marketing.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.