Address

Perm. Handayani, Jl. Handayani, Pekanbaru, Riau

Contact

ReCaptcha kolom komentar wordpress – Tidak hanya pada contact-form ataupun login form kita dapat menambahkan recaptcha. Pada kolom komentar artikel juga kita dapat menambahkan recaptcha. Mengapa dan kapan Anda harus menggunakan ini? Anda dapat menggunakan recaptcha komentar untuk mengantisipasi komentar spam yang banyak masuk melalui kolom komentar.

Baca juga: Apa itu Captcha, Jenis dan Manfaatnya

Terkadang cukup sulit untuk membedakan mana komentar spam atau tidak. Karena mayoritas komentar spam dilakukan oleh robot bukan manusia. Anda harus melihat dari profil user dan komentar yang masuk satu persatu untuk memastikan itu dari robot atau manusia. Tentunya ini membutuhkan waktu yang lama.

WordPress memberikan kemudahan untuk Anda menambahkan ReCaptcha pada kolom komentar. Dengan menggunakan plugin wordpress semua akan teratasi.

Cara tambah ReCaptcha Kolom Komentar WordPress

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, pada pembahasan kali ini saya akan menggunakan plugin untuk menambahkan recaptcha pada kolom komentar wordpress. Plugin yang akan saya gunakan adalah Simple Google reCaptcha. Plugin ini akan bekerja dan membedakan aktifitas manusia atau robot, untuk menampilkan atau menambahkan komentar harus ceklis pada bagian I’m not a robot.

Untuk aktifitas ini robot tidak dapat melakukan ceklis secara otomatis, dan hanya manusia yang dapat melakukannya. Berikut cara mudah menggunakan plugin reCaptcha:

  • Install plugin Simple Google reCaptcha dan aktifkan
  • Masuk pada menu Dashboard » Settings » Google reCAPTCHA untuk konfigurasi pengaturan plugin
cara tambah recaptcha komentar wordpress
  • Anda dapat melihat ada pemberitahuan bahwasannya belum mendaftarkan domain atau situs Anda. Ini nantinya untuk mengisi data pada kolom Site Key dan Secret Key. Untuk mendaftarkan domain klik pada bagian register your domain.
  • Pastikan Anda sudah login mengunakan akun google. Klik ikon tambah atau ” + ” pada pojok kanan atas.
cara tambah recaptcha komentar wordpress
  • Maka akan muncul tampilan seperti gambar dibawah ini:
  • Masukkan domain Anda pada kolom label, sebagai contoh example.com. Untuk jenis reCaptcha pilih V2 dan ceklis “I’m not a robot” Checkbox, dan masukkan kembali nama domain Anda.
  • Ceklis pada bagian Accept the reCAPTCHA Terms of Service, lalu submit. Jika berhasil maka Anda akan mendapatkan Site Key dan Sekret Key. Copy satu persatu dan masukkan pada kolom pengaturan plugin di situs Anda.
  • Simpan, dan lihat reCaptcha muncul atau tidak pada kolom komentar. Untuk memastikan ini berhasil atau tidak, Anda tidak dalam keadaan login pada situs.
cara tambah recaptcha komentar wordpress

Jika Anda tidak ingin menampilkan reCaptcha pada login form, ceklis pada bagian Disable on login Form. Cukup mudah bukan? Cara ini sangat efektif untuk Anda yang ingin mengatasi terlalu banyaknya komentar spam yang masuk pada situs. Jika ada kesulitan, ajukan pada kolom kementar. Semoga bermanfaat ya! Terimakasih.


administrator

Eko Pramono lebih akrab disapa Pram, seorang web developer, suka nulis, suka ngegame, dan suka turing. Bekerja di salah satu perusahaan Digital Marketing.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.