Address

Perm. Handayani, Jl. Handayani, Pekanbaru, Riau

Contact

Apa itu Captcha? – Anda sering diminta untuk memilih beberapa gambar pada saat ingin mengisi atau mengirim form? atau pada saat ingin mendownload sesuatu, atau pada saat login untuk memasukkan verifikasi sebuah kode atau jawaban pertanyaan. Verifikasi tersebut dikenal dengan istilah Captcha.

Apa itu Captcha?

Menurut google, Captcha adalah jenis tindakan keamanan yang dikenal sebagai autentikasi mengenai tantangan-tanggapan. Mungkin penjelasan dari Google masih kurang jelas, captcha merupakan fitur atau teknologi keamanan untuk memastikan bahwa yang mengakses website atau aplikasi tersebut benar manusia adanya, bukan bot atau robot.

Captcha biasanya berbentuk tampilan popup namun ada beberapa yang tidak muncul seperti popup. Captcha berisikan susunan dan kombinasi antara huruf dan angka. Anda harus memasukkan angka yang muncul pada form. Banyak pengguna merasa kesal jika berhadapan dengan captcha, terkadang masih ada saja kesalahan dan harus mengulang kembali.

Namun Anda tidak perlu kesal berlebihan, ini demi keamanan pengguna dan pemilik website. Robot atau bot tidak akan mampu membaca susunan huruf dan memasukkannya secara otomatis.

Fungsi Captcha

Captcha diciptakan bukan tanpa sebab, banyak permasalahan yang berhubungan dengan spam. Dengan itu lahirlah teknologi autentikasi ini sebagai solusi dari permasalahan spam. Lalu apa fungsi lainnya? Berikut beberapa fungsi lain yang harus Anda ketahui,

  • Mencegah komentar spam, jangan anggap sepele dengan komentar spam, ini dapat Anda jumpai pada artikel dengan banyak pengunjung atau view. Banyak komentar spam berisikan iklan produk untuk menaikkan rating blog. Jika mesin pencarian seperti google banyak mendeteksi komentar spam di website Anda, Google dapat saja menganggap itu virus dan menghapusnya dari hasil pencarian.
  • Mengamankan transaksi jual beli – Ini bertujuan untuk memastikan bahwa yang melakukan transaksi benar manusia. Apakah robot dapat melakukan pembelian secara otomatis? Tentu bisa, sebagai contoh Toko orange sedang melakukan promosi produk dengan diskon besar-besaran, banyak dari pengguna menggunakan bot atau robot untuk melakukan jumlah pembelian yang besar. Cara ini bertujuan, pengguna bot dapat menjualnya lagi dengan harga yang lebih mahal. Nah ini mengakibatkan banyak pembeli yang benar-benar manusia tidak dapat melakukan pembelian karena kalah cepat dengan bot.
  • Mencegah registrasi akun palsu – Semakin banyak akun palsu yang mendaftar ini akan membebani kinerja database Anda.

Jenis-jenis Captcha

Berikut beberapa jenis Captcha yang tersedia saat ini, dan dapat menggunakannya di wesbite Anda:

Google reCaptcha

Untuk yang pertama direkomendasikan adalah Google reCaptcha. Sesuai dengan namanya, teknologi autentikasi ini milik perusahaan ternama Google. reCaptcha google saat ini tersedia dalam dua versi, yaitu v2 dan v3. Pada versi v2 google recaptcha ini memiliki fitur yang sederhana. Anda hanya perlu menceklis atau menyetujui saya bukan robot tanpa harus menyalin kode yang muncul.

Sementara pada versi v3 verifikasi berjalan otomatis, jika terindikasi sebagai spam maka reCaptcha v3 secara otomatis menghapusnya. Tahun 2014, Google merilis reCaptcha terbaru, dimana pada versi ini hanya menyediakan checkbox dengan keterangan “Saya bukan robot”.

Jika Anda ingin menggunakan google reCaptha silahkan kunjungi link berikut ini: https://www.google.com/recaptcha/about/.

Picture Recognition Captcha

Picture Recognition Captcha memiliki tampilan seperti puzzle berbentuk gambar. Pengguna diharuskan memilih gambar sesuai dengan instruksi. Paling banyak muncul adalah untuk menentukan bidang objek yang ada pada sebuah foto, seperti lampu lalu lintas, zebra cross, kendaraan dan lain sebagainya.

apa itu captcha

Cara Menggunakan Captcha di WordPress

Cara menggunakan teknologi autentikasi ini di wordpress cukup mudah, Anda dapat menggunakan plugin. Ini menyesuaikan kebutuhan Anda, jika menggunakan contact form7 gunakan plugin yang menggunakan. Untuk penjelasan lebih detail cara penggunaannya akan dibahas pada artikel ini.

Demikianlah pembahasan mengenai reCaptcha, semoga bermanfaat dan terimakasih! 🙂


administrator

Eko Pramono lebih akrab disapa Pram, seorang web developer, suka nulis, suka ngegame, dan suka turing. Bekerja di salah satu perusahaan Digital Marketing.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.