Address

Perm. Handayani, Jl. Handayani, Pekanbaru, Riau

Contact

Cara upload file ads.txt Google Adsense – Halo, semoga Anda dalam keadaan sehat selalu ya. Pada artikel ini saya akan membahas mengenai bagaimana caranya upload file ads.txt google adsense di wordpress. File Ads.txt merupakan file yang berisikan kode yang mengatur dan mengontrol penjualan inventaris iklan. File ini akan mengatur iklan supaya dapat di jual hanya melalui seller official atau akun penjual resmi.

Pastikan, jika Anda baru lolos untuk mengikuti program google adsense harus memiliki file ads.txt ini di dalam website. Jika tidak tentunya ada tindakan lebih lanjut dan peringatan dari Google Adsense. Perhatikan gambar di bawah ini permasalahan file ads.txt yang sering terjadi.

cara upload file ads.txt
Contoh masalah file ads.txt

Kapan dan Siapa Saja yang Mengalami ini?

Semua pengguna dan yang telah mendapatkan pemberitahuan lolos mengikuti program Google Adsense bakalan merasakan permasalahan ads.txt. Lalu kapan ini akan dirasakan oleh pengguna?. Untuk pengguna baru biasanya tidak membutuhkan waktu lama, sekitar 1 sampai 3 hari sudah mendapatkan pemberitahuan harus memperbaiki atau upload file ads.txt ke dalam website Anda.

Baca juga: Cara Mengatasi File Ads.txt Google Adsense

Mas, saya sudah mengikuti program Google Adsense selama satu tahun, tapi ads.txt bermasalah kembali apa solusinya? Saya mengikuti program Google Adsense juga sudah masuk tahun ke lima ini, dan selama itu saya sudah merasakan permasalahan ini sebanyak tiga kali. Solusinya, silahkan perbaiki kembali file ads.txt, hapus yang lama dan upload yang baru.

Setiap ada pembaruan algoritma dan peraturan baru pada google adsense yang berkaitan dengan penjualan, pencairan dan lain sebagainya tentunya file ads.txt harus Anda perbaharui juga.

Cara Upload File Ads.txt di WordPress

Sekali lagi saya sampaikan, cara ini hanya berlaku untuk CMS wordpress. Jadi mohon maaf jika ternyata Anda mengikuti cara ini tidak berhasil untuk platform CMS lain selain wordpress. Mungkin di lain pembahasan akan saya jelaskan bagaimana cara upload file ads.txt selain di wodpress. Yuk, simak dan ikuti langkah-langkah berikut ini satu persatu.

Menggunakan FTP

Baca juga: Apa itu Filezilla, cara download dan menggunakannya untuk akses FTP

  • Login menggunakan akun aktif yang Anda gunakan di Google Adsense [Login/Masuk]
  • Pada notifikasi perbaikan file ads.txt, klik link atau bagian Perbaiki sekarang.
cara upload file ads.txt
  • Download file Ads.txt
  • Buka FTP dan Akses file direktori website Anda. Buka folder public_html dan hapus file ads.txt lama. Upload kembali file ads baru yang sudah Anda download sebelumnya
  • Jika Anda menggunakan plugin atau sistem cache pada website, bersihkan cache ketika Anda sudah berhasil upload file baru ads.txt. Ini bertujuan nantinya pada saat google crawl ulang yang akan terbaca adalah file ads.txt baru.
  • Untuk uji coba apakah file ads sudah berhasil, tambahkan ads.txt setelah nama domain atau alamat website Anda. Sebagai contoh: https://domain.com/ads.txt. Maka akan muncul pemberitahuan rinci kode google adsense.

Melalui cPanel Hosting

Selain menggunakan FTP atau Anda tidak memiliki akses menggunakan FTP juga bisa melakukan perbaikan melalui cPanel. Berikut cara mengatasi masalah file ads.txt menggunakan cPanel:

  • Login pada cPanel hosting Anda. Biasanya cPanel dapat diakses melalui link https://domain.com/cpanel. Jika tidak dapat mengakses melalui link itu, silahkan masuk pada akun penyedia jasa sewa hosting yang Anda pakai.
  • Setelah berhasil login, masuk atau cari bagian menu file manager, klik atau masuk pada folder public_html
  • upload file ads.txt baru ke dalam folder public_html jika Anda menggunakan satu domain pada satu server. Jika menggunakan banyak domain pastikan yang Anda buka adalah folder dari website yang terdaftar di Google Adsense.
  • Untuk uji coba, lakukan hal yang sama pada cara perbaiki ads.txt menggunakan FTP, tambahkan ads.txt setelah domain website.

Menggunakan Plugin WordPress

Dengan adanya plugin, ini mengatasi untuk Anda yang tidak memiliki akses FTP atau cPanel hosting. Cukup mudah, install plugin lalu aktifkan semua masalah teratasi. Namun, ada baiknya Anda menggunakan plugin yang sudah dipercaya manfaatnya. Untuk mengurangi resiko dan plugin ini berjalan dengan baik, pastikan website Anda memenuhi persyaratan berikut:

  • Versi PHP 5.3 keatas
  • Versi wordpress 4.9 keatas
  • Tidak menggunakan ekstensi ads blocker pada website dan browser
  • Tidak mengaktifkan pengalihan/rewrite untuk file ads.txt

Berikut cara menambahkan file ads.txt menggunakan plugin wordpress:

  • Login dan masuk pada bagian dashboard website
  • Pilih menu plugin, tambah baru. Cari plugin Ads.txt Manager.
  • Install dan aktifkan plugin
  • Buka file ads.txt yang sudah Anda download tadi, copy atau salin semua kode yang ada
  • Pilih menu Setting/Pengaturan di dashboard dan pilih ads.txt
  • Maka akan muncul tmapilan seperti notepad, paste atau tempel kode ads.txt tadi
  • Simpan

Untuk memastikan file ads.txt berhasil atau tidak, lakukan pemanggilan file ads.txt melalui url. Jika menggunakan plugin atau teknologi cache pada website dan server ada baiknya Anda membersihkannya secara berkala. Jika tidak sempat, nonaktifkan fitur cache pada website.

Berapa lama file ads.txt dapat teratasi?

Sesuai pengalaman dan beberapa teman-teman alami, untuk berapa lama file ads.txt dapat teratasi dan hilang notifikasi pada dashboard google adsense beragam dan berbeda-beda. Untuk saya sendiri waktu pertama kali kurang dari 24 jam sudah berhasil di perbaiki. Pada website lainnya saya pernah mengalami sekitar 3 minggu. Melihat dari beberapa postingan teman-teman ada yang mengalami hingga 1 bulan sampai 2 bulan.

Lalu jika notifikasi tidak hilang dan sudah menunggu lama apa yang perlu saya lakukan? Intinya sabar, untuk saat ini google Adsense mengurangi penggunaan robot untuk cek semua kendala yang ada. Ada beberapa dilakukan manual melalui developer atau staff yang bertugas sesuai dengan tugasnya. Jadi intinya jangan panik, ikuti proses yang berjalan dan tetap lakukan aktifitas Anda seperti biasa pada website.

Iklan tidak tampil setelah upload file ads.txt

Masalah selanjutnya adalah iklan tidak tampil di website setelah upload file ads.txt apa yang perlu saya lakukan? Sabar dan jangan panik, ketika Anda panik tidak menentu ini akan menyebabkan masalah baru muncul haha. Tunggu hingga notifikasi perbaikan file ads pada dashboar google adsense hilang. Maka iklan akan tampil kembali seperti biasa.

Ada juga ketika mendapatkan notifikasi perbaikan iklan tetap muncul. Kembali lagi, permasalahan yang dialami banyak pengguna berbeda-beda. Ada baiknya berkonsultasi dan cari tahu dulu permasalahan dan solusinya.

Demikian lah pembahasan mengenai cara mengatasi file ads dan upload menggunakan berbagai cara. Jika Anda memiliki cara alternatif lain atau ingin menanyakan yang berkaitan sesuai pembahasan di atas, ajukan pada kolom komentar. Semoga bermanfaat ya, terimakasih!


administrator

Eko Pramono lebih akrab disapa Pram, seorang web developer, suka nulis, suka ngegame, dan suka turing. Bekerja di salah satu perusahaan Digital Marketing.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.