Address

Perm. Handayani, Jl. Handayani, Pekanbaru, Riau

Contact

Install Google Site Kit WordPress – Situs Anda sudah terhubung dengan semua tools google? Jika belum, apa saja sih tools google saat ini untuk optimisasi dan monetisasi situs Anda?. Google selain terkenal dengan mesin pencariannya yang saat ini mungkin tidak ada tandingannya. Google ternyata juga memiliki alat untuk membantu Anda dalam optimisasi situs.

Tool yang dimiliki google seperti Google Analytics, Search console, Adsense, dan masih banyak lagi. Pastikan situs Anda sudah terhubung dengan tool google tadi ya. Untuk Anda yang sudah terhubung tentunya sudah tidak asing lagi dalam penggunaanya.

Anda hanya perlu mengunjungi situs penyedia tool ini, lalu login dan akan menemukan tampilan dashboard dengan berbagai macam fungsinya. Sayangnya, jika ingin menggunakan tool google, Anda harus mengunjungi situs satu persatu dari tool tersebut. Inilah yang menyebabkan pengguna sedikit merasa merepotkan, dan kadang pengguna harus banyak membuka tab situs.

Jika Anda menggunakan google chrome, dan memiliki kapasitas RAM kurang dari 2GB tentunya ini semakin menjadi masalah. Performa browser akan turun drastis jika terlalu banyak membuka jendela browser.

Baca juga: Perbedaan Google Ads dengan Google Adsense

Dengan adanya masalah tadi, Google merilis plugin all-in-one untuk mengatasi masalah tersebut untuk pengguna wordpress. Plugin tersebut adalah Google Sit Kit. Sebelum masuk pada pembahasan bagaimana cara install google site kit di wordpress, Andaa harus tahu apa itu Google Site Kit.

Apa Itu Google Site Kit?

Google Site Kit adalah sebuah plugin untuk mengintegrasikan atau menghubungkan beberapa produk atau layanan Google menjadi satu kesatuan atau satu dashboard untuk mempermudah dan cepat untuk akses layanan tersebut.

Plugin ini pertama kali diperkenalkan oleh Google melalui akun resmi google di Twitter pada tanggal 8 Desember 2018. Adapun layanan atau produk yang ada pada Site Kit Google adalah Google Search Console, Google Adsense, Analytics, dan Pagespeed Insights.

Lalu siapa saja yang boleh menggunakan site kit ini? Semua pengguna wordpress, mulai dari pemilik situs hingga pengembang dapat menggunakan site kit ini. Adapun manfaat yang dapat Anda peroleh seperti:

  • Data statistik yang mudah dipahami, karena menampilkan data yang ringkas
  • Terintegrasi dan akses dalam satu dashboard
  • Mempermudah mengumpulkan data untuk laporan situs.
  • Split test
  • Memantau performa iklan yang ada di situs

Cara Install Google Site Kit

Sebelum install plugin site kit di situs Anda yang menggunakan wordpress, pastikan situs Anda sudah terdaftar pada setiap layanan yang ada di site kit ya. Jika belum terdaftar, maka tidak akan menampilkan data apapun di halaman dashboard site kit. Berikut cara mudah untuk install google site kit di wordpress.

  • Login atau masuk ke situs Anda,
  • Pada tampilan dashboard, pilih menu Plugins » Add New untuk menambahkan plugin site kit.
Install google site kit wordpress
  • Cari pada kolom pencarian plugin dengan kata kunci Google Site Kit. Pilih plugin site kit by Google, lalu klik tombol install.
google site kit wordpress
  • Tunggu hingga proses pemasangan atau install selesai, dan jika sudah selesai klik tombol aktifkan.
  • Masuk pada bagian Dashboard » Site Kit, Silahkan konfigurasikan satu per satu layanan google site kit yang ada. Anda cukup login atau masuk menggunakan akun google pada setiap masing-masing layanan.
  • Untuk melihat apa saja dan yang belum Anda konfigurasikan, silahkan pilih Dashboard » Setelan (Settings)

Cukup mudah bukan? Jika Anda mengalami kendala, silahkan ajukan pada kolom komentar ya. Demikianlah pembahasan mengenai plugin google site kit wordpress, semoga bermanfaat dan terimakasih.


administrator

Eko Pramono lebih akrab disapa Pram, seorang web developer, suka nulis, suka ngegame, dan suka turing. Bekerja di salah satu perusahaan Digital Marketing.

Leave a Reply

Your email address will not be published.