Address

Perm. Handayani, Jl. Handayani, Pekanbaru, Riau

Contact

Ubah Email Penerima Pemberitahuan Komentar – Halo, semoga Anda dalam keadaan sehat selalu ya. Anda memiliki blog menggunakan wordpress? Ingin merubah email penerima pemberitahuan jika ada komentar baru pada artikel yang ada?. Anda sedang berada di artikel yang tepat, saya akan membahasnya. Secara default atau bawaan wordpress akan mengirimkan email pemberitahuan kepada administrator jika ada komentar baru.

Email yang masuk berisikan detail komentar, baik itu url post, waktu, ip address dan email dari yang mengirimkan komentar. Sayangnya jika Anda memiliki banyak user administrator di wordpress maka akan menerima email pemberitahuan semua. Lalu dapatkah kita mengganti email penerima? hanya spesifik user saja?

Mengapa email penerima harus diganti? ada beberapa kasus user tidak ingin menerima email tersebut. Lebih baiknya jika penerima pemberitahuan komentar hanya penulis artikel atau author saja.

Baca juga: Plugin Syntax Highlighter WordPress

Jika semua user yang ada menerima email pemberitahuan ini juga akan menyebabkan penuhnya kapasitas email masuk pada server. Jika ada batasan penggunaan email tentunya ini sangat merugikan bukan? Lalu bagaimana cara merubah email penerima pemberitahuan hanya spesifik user saja?

Cara Ubah Email Penerima Pemberitahuan Komentar

Ada banyak cara yang dapat Anda lakukan untuk merubah email penerima pemberitahuan komentar di wordpress. Berikut cara mudah merubah email kepada spesifik pengguna.

Spesifik Pengguna/User

  • Tambahkan kode dibawah ini. Anda dapat menambahkannya pada file function.php, file kustom function ataupun pada file child themes wordpress
function se_comment_moderation_recipients( $emails, $comment_id ) {
    $comment = get_comment( $comment_id );
    $post = get_post( $comment->comment_post_ID );
    $user = get_user_by( 'id', '5' ); // Change number 5 with users ID

    // Return only the post author if the author can modify.
    if ( user_can( $user->ID, 'edit_published_posts' ) && ! empty( $user->user_email ) ) {
        $emails = array( $user->user_email );
    }

    return $emails;
}
add_filter( 'comment_moderation_recipients', 'se_comment_moderation_recipients', 11, 2 );
add_filter( 'comment_notification_recipients', 'se_comment_moderation_recipients', 11, 2 );
  • Selain menambahkan pada file, jika Anda tidak memiliki akses FTP dapat menggunakan plugin Code Snippet.
  • Install dan aktifkan, lalu buat snippet baru dan tambahkan kode tadi.
  • Selanjutnya, ubah pada bagian $user = get_user_by( ‘id’, ‘5’ ); angka 5 dengan user ID yang ingin Anda jadikan sebagai penerima pemberitahuan.
  • Untuk cek user ID silahkan masuk pada Dashboard » Users » All User. Arahkan kursor pada bagian edit/sunting, untuk lebih jelasnya lihat gambar berikut ini:
ubah email penerima komentar

Selanjutnya, untuk memastikan kode tadi berjalan atau tidak. Silahkan bersihkan cache pada website/server jika situs menggunakan fasilitas cache. Cobalah mengirimkan komentar pada salah satu artikel yang ada. Cek pada email sesuai ID yang sudah Anda ganti tadi. Jangan lupa cek email pengguna lain atau admin lain apakah masih menerima email pemberitahuan atau tidak.

Menonaktifkan Pemberitahuan Komentar

Jika cara tadi adalah mengganti email penerima dengan spesifik atau pengguna tertentu, cara ini apabila ingin menonaktifkan pemberitahuan komentar. Ini dapat Anda lalukan apabila tidak ingin menerima pemberitahuan sama sekali jika ada yang mengirimkan komentar.

Baca juga: Menonaktifkan Theme dan Plugin Editor WordPress

  • Selanjutnya, Masuk pada halaman Dashboard » Settings » Discussion, unchecklist pada bagian berikut ini
  • Simpan, dan uji coba mengirimkan komentar

Demikianlah pembahasan mengenai bagaimana cara merubah email penerima pemberitahuan kepada spesifik pengguna saja. Saya menggunakan kode tadi di beberapa website klien tempat saya bekerja dan selama ini berlajalan lancara tidak ada masalah. Semoga bermanfaat ya, terimakasih.


administrator

Eko Pramono lebih akrab disapa Pram, seorang web developer, suka nulis, suka ngegame, dan suka turing. Bekerja di salah satu perusahaan Digital Marketing.

Leave a Reply

Your email address will not be published.