Address

Perm. Handayani, Jl. Handayani, Pekanbaru, Riau

Contact

Apa itu Lisensi GPL? – Pada penggunaan perangkat lunak sering kali kita mendengar istilah lisensi. Perangkat lunak atau software yang Anda pakai harus memiliki lisensi original. Tidak boleh menggunakan nulled atau bajakan, hingga menggunakan kode lisensi hasil dari generator.

Inilah beberapa kalimat atau statment jika kita berbicara sebuah perangkat lunak. Lalu apa itu lisensi? hingga sangat berharga sekali di suatu perangkat lunak. Simak penjelasan mengenai lisensi berikut ini yang akan berkaitan denga GPL.

Apa itu Lisensi?

Lisensi adalah pemberian izin atau penyerahan hak atau sesuatu untuk melakukan produksi atau menghasilkan suatu produk atau jasa tertentu yang tentunya sudah melewati proses pendaftaran oleh pemilik produk tersebut atau pihak pertama. Izin ini berupa atas barang, cipta atau karya, dan masih banyak lagi. Lisensi memiliki perjanjian lisensi, yaitu perjanjian antar kedua belah pihak. Dimana saru pihak memberikan lisensi sebagai pemilik kepada pihak yang menerima lisensi dengan legal untuk menghasilkan atau memproduksi dan memasarkan produknya.

Baca juga: Cara Mengganti Favicon Default WordPress

Jenis-jenis Lisensi

Lisensi memiliki beberapa jenis, Anda dapat mengetahuinya satu persatu melalui penjelasan berikut ini:

HKI

Hak kekayaan Intelektual atau biasa kita kenal dengan istilah HKI, merupakan sebuah lisensi pada software komputer. Pemilik lisensi akan memberikan hak kepada pengguna untuk menggunakan softwarenya. Pada dasarnya lisensi HKI memiliki peraturan yang harus Anda penuhi seperti syarat dan ketentuan penggunaan, wilayah penggunaan, pembaruan, dan syarat lainnya yang telah dibuat oleh pemilik lisensi (pihak pertama).

Massal

Massal biasanya diberlakukan pada lisensi perangkat lunak komputer. Lisensi ini diberikan oleh pihak pertama kepada perseorangan untuk menggunakan perangkat komputer tersebut. Lisensi ini secara lengkap tertulis pada EULSA (End User License Agreement) dalam perangkat lunak itu.

Perjanjian ini dapat terpenuhi dengan pengguna komputer yang dapat melakukan instalasi atau pemasangan perangkat lunak dalam jumlah satu atau lebih komputer.

Lisensi Merk Barang & Jasa

Maksud dari jenis lisensi ini adalah pemilik dapat memberikan lisensinya kepada seseorang ataupun melalui badan usaha supaya barang atau jasa yang dimiliki oleh pihak pertama dapat didistribusikan atau dijual oleh penerima lisensi lainnya.

Lisensi Hasil Karya Seni & Karakter

Pemilik memberikan izin kepada perorangan atau melalui badan usaha atas penyalinan dan pendistribusian hak cipta dan karya yang mengandung material seni dan karakter.

Lisensi Bidang Pendidikan

Sesuai dengan jenisnya yang berkaitan dengan pendidikan, lisensi pendidikan adalah sebuah lisensi yang dikeluarkan oleh lembaga pendidikan yang sudah terdaftar. Lisensi ini bisa kita temui pada sebuah universitas yang meberikan gelar akademis kepada mahasiswa/i yang sudah menyelesaikan kuliah, baik reguler maupun non-reguler.

Universitas memberikan izin kepada individu untuk menggunakan gelar akademis seletah menyelesaikan jenjang perkuliahan dalam waktu tertentu.

Apakah Anda sudah paham mengenai apa itu lisensi dan jenis-jenisnya? Selanjutnya, saya akan mebahas mengenai apa itu Lisensi GPL (General Public License). Simak penjelasannya berikut ini:

Apa Itu Lisensi GPL?

General Public License atau GPL adalah lisensi perangkat lunak bebas untuk dapat Anda gunakan dan sebarkan. Lisensi ini pertama kali dibuat oleh Richard Stallman untuk Proyek GNU. Untuk versi pertama, pembaharuan terakhir lisensi ini adalah versi 2 dirilis tahun 1991. Sementara itu, GNU Lesser General Public License (LGPL) merupakan versi lain dari GPL. LGPL ditujukan untuk penggunaan beberapa librari perangkat lunak.

Baca juga: Cara Tambah ReCaptcha Kolom Komentar Wordrpress

Lisensi GPL merupakan sebuah lisensi yang menyatakan bahwa sebuah karya intelektual untuk dapat bebas kita pakai, salin, menyebar luaskan, bahkan memperbolehkan mengembangkan oleh siapapun tanpa harus membayar dan melakukan proses perizinan terlebih dahulu.

Awalnya lisensi ini, pihak pertama memberikan kepada mereka yang beraliansi langsung dengan GNU. GNU merupakan sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang pembuatan perangkat lunak gratis seperti linux. Namun, dengan banyaknya perangkat lunak yang menginginkan tidak harus berkolaborasi dengan GNU dapat menggunakan lisensi GPL. Dari pihak GNu sendiri akhirnya mengabulkan dan hingga saat ini ada sekitar 60.000 perangkat lunak sudah memiliki lisensi GPL.

Anda dapat mengetahui apa saja dari GPL itu sendiri melalui pembahasan ini https://www.gnu.org/licenses/gpl-3.0.html

Tentunya dengan adanya lisensi ini menjadi sebuah kemajuan besar di dunia teknologi. Bayangkan saja, jika wordpress, joomla, Apache, Mozilla dan perangkat lunak lainnya tidak menggunakan lisensi GPL, mungkin saat ini teknlogi tidak berkembang semaju seperti saat ini. Perangkat lunak lain menggunakan GPL malah semakin maju, lihat seperti Internet Explorer yang tidak menggunakan lisensi GPL ini jauh tertinggal dari perangkat lunak yang menggunakan GPL.

Lisensi GPL pada WordPress

WordPress adalah perangkat lunak konten manajemen sistem yang dapat kita pakai dengan lisensi GPL. Dengan itu, semua pengguna wajib menggunakan lisensi GPL juga untuk themes dan plugin yang Anda gunakan untuk membuat website. Lalu apakah themes dan plugin premium bisa ktia dapatkan secara gratis melalui lisensi GPL?

Tentu saja tidak, Anda dapat menggunakan tema dan plugin secara gratis namun tidak akan mendapatkan support dan pembaruan untuk tema dan plugin. Lalu, boleh atau tidak menggunakan tema atau plugin premium tanpa membeli? Tentu saja boleh, dengan syarat lisensi yang Anda pakai adalah GPL. Apakah ilegal? Tentunya juga tidak, sebagai konsep dasar GPL adalah free atau gratis.

Apakah ada penyedia atau situs penyedia tema atau plugin GPL? Pastinya ada, saya hanya merekomendasikan situs yang menyediakan lisensi GPL di GPLDL.com.

apa itu lisensi GPL

Anda harus daftar atau register untuk mendapatkan tema dan plugin dengan lisensi GPL. Namun sayangnya, ada beberapa tema dan plugin mengharuskan Anda memberikan donasi kepada pengembang. Tapi ini menjadi salah satu alternatif untuk developer yang ingin menggunakan plugin dan tema premium namun terkendala biaya.

Demikianlah pembahasan mengenai apa itu lisensi GPL. Semoga dapat menambah informasi untuk Anda dan terimakasih!


administrator

Eko Pramono lebih akrab disapa Pram, seorang web developer, suka nulis, suka ngegame, dan suka turing. Bekerja di salah satu perusahaan Digital Marketing.

Leave a Reply

Your email address will not be published.