Address

Perm. Handayani, Jl. Handayani, Pekanbaru, Riau

Contact

WordPress merupakan salah satu CMS yang sangat populer hingga saat ini. Jika Anda belum memahami apa itu CMS, dapat membaca pada artikel sebelum ini [klik]. Banyak keuntungan yang di peroleh jika Anda menggunakan wordpress untuk membuat sebuah website.

Jika Anda ingin mempelajari dan menggunakan wordpress, jangan khawatir. Banyak situs belajar wordpress yang dapat membantu Anda. WordPress juga memiliki dokumentasi yang sangat lengkap. Berikut beberapa situs belajar wordpress:

Situs Belajar WordPress

Ada banyak situs yang membahas wordpress, namun ada beberapa materi yang tidak ada. Situs yang dapat membantu Anda belajar wordpress sebagai berikut:

WordPress.org

situs belajar wordpress

Seperti yang sudah dijelaskan tadi, bahwasannya wordpress memiliki dokumentasi yang lengkap. WordPress.org merupakan kumpulan dari seluruh dokumentasi wordpress. WordPress.org biasa dikenal dengan nama Codex. Anda dapat mempelajari wordpress dari dasar, hingga ke tingkat yang lebih tinggi seperti kustom function, plugin dan lain sebagainya.

Situs ini meyediakan materi wordpress secara gratis. Selain itu jika Anda mahir nantinya menggunakan wordpress, dapat juga berkontribusi dalam pembahasan artikel. Tidak hanya materi, namun juga tersedia banyak solusi dari masalah yang sering dihadapi mereka yang menggunakan wordpress.

Anda kurang mahir dalam memahami atau menggunakan bahasa inggris? Lagi dan lagi jangan khawatir, codex tersedia dalam bahasa Indonesia. Berikut link dalam bahasa Indonesia [klik]

WPBeginner

Situs ini menjadi rujukan kedua setelah situs resmi wordpress. Jika Anda sudah mahir menguasai dan menggunakan wordpress, tidak ada salahnya belajar di situs ini. Seperti namanya beginner, situs ini ditujukan untuk mereka para pemula dalam menggunakan wordpress.

Materi atau tutorial yang disediakan banyak membahas tentang pengembangan wordpress. Selain itu juga tersedia tips dan trik serta problem solving wordpress. Jika Anda ingin mendalami SEO, situs ini juga menyediakan secara lengkap.

Perlu diketahui bahwa pendiri wpbeginner sudah banyak berkontribusi dalam pembuatan plugin dan tema untuk wordpress. Tentunya plugin yang dibuat sangat bermanfaat seperti WP Mail SMTP, WPForms, Smashballon dan masih banyak lagi.

WPBeginner sudah berdiri sejak tahun 2009, sudah tidak diragukan lagi materi-materi yang ada di situs ini.

WordPress Lesson

situs belajar wordpress

WordPress lesson adalah situs resmi dari wordpress untuk pemula yang ingin belajar wordpress. Anda akan belajar wordpress dari dasar. Situs ini juga menyedian kursus, jika Anda tertarik silahkan untuk mendaftar. Tentunya ini gratis alias tidak berbayar.

Anda akan belajar mulai dari install wordpress di localhost, pemilihan tema, pengaturan tema, membuat postingan dan halaman, dan fungsi dasar lainnya. Jangan sampai melewatkan pembahasan tentang LINGO. Lingo adalah kamus atau kumpulan dari istilah yang sering muncul di wordpress.

Berbeda dengan situs lainnya, di wordpress learn tidak disediakan gambar ataupun video. Namun ini tidak terlalu sulit untuk Anda memahami. Jika Anda bukan pemula, tidak disarankan untuk belajar di situs ini.

WordPress TV

situs belajar wordpress

Masih dengan pemilik yang sama yaitu wordpress, jika Anda terlalu bosan dan sulit untuk memahi setiap materi pada situs wordpress learn. Anda dapat mengunjungi situs wordpress TV. Banyak penjelasan materi tentang wordpress untuk pemula dalam bentuk video. Anda dapat mempelajari desain web hingga SEO pada situs ini.

Video yang ada merupakan karya mereka yang sudah lama berkecipung menggunakan wordpress. Anda tidak perlu mendaftar untuk dapat mengakses seluruh video. Anda juga dapat bergabung di komunitas wordpress dan mengikuti setiap acara-acara yang membahas tentang wordpress.

WP101

Jika Anda selama ini memanfaatkan youtube untuk belajar wordpress, tidak ada salahnya mencoba situs ini. Meskipun berbayar, situs ini menawarkan banyak materi wordress dari tinggkat pemula hingga menjadi mahir. WP101 menjanjikan kepada Anda untuk dapat menguasai wordpress dengan waktu singkat, yaitu hanya satu jam saja.

Sebelum membayar, Anda memiliki akses gratis jika mendaftar selama seminggu. Anda dapat banyak materi seperti pembahasan tentang plugin, setting plugin, hingga SEO. Jika sudah berlangganan, dan Anda merasa materi yang tersedia tidak memuaskan dapat membatalkan langganan dan mengembalikan biaya secara penuh.

WPSessions

Tidak jauh berbeda dengan WP101, situs ini juga menyediakan materi wordpress dalam bentuk kursus. Namun tingkatan materi yang ada tidak di mulai dari dasar. Melainkan mereka yang ingin upgrade skill yang lebih mendalam tentang wordpress. Setiap pelatihan tingkatannya sedikit sulit untuk menyelesaikannya.

Dengan adanya media tambahan seperti video, ini akan membantu Anda lebih mudah untuk memahami setiap materi yang ada. Anda harus mendaftar terlebih dahulu dan membayar sekitar Rp.230.000 untuk berlangganan setiap bulannya. Ada baiknya jika Anda mengambil paket 5 bulan akan jauh lebih murah tentunya.

Apakah ada situs dari indonesia yang membahas dan menyediakan materi wordpress? Banyak sekali tentunya, Anda dapat mengunjungi situs penyedia hosting dan domain lalu cari menggunakan bantuan menu pencarian dengan kata kunci wordpress. Tentunya materi yang ada tidak di tampilkan berurut dari dasar atau untuk pemula.

Demikianlah pembahasan tentang wordpress kali ini. Semoga dapat menambah daftar referensi Anda untuk belajar. Semoga bermanfaat dan terimakasih. 🙂


administrator

Eko Pramono lebih akrab disapa Pram, seorang web developer, suka nulis, suka ngegame, dan suka turing. Bekerja di salah satu perusahaan Digital Marketing.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.