Address

Perm. Handayani, Jl. Handayani, Pekanbaru, Riau

Contact

Cara memperbaiki tampilan widget block di Gutenberg – Sejak WordPress merilis versi 5.0, gutenberg menjadi bawaan atau default editor. Jika Anda sudah menggunakan plugin page builder wordpress seperti elementor, wpbakery dan lain sebagainya tentunya gutenberg tidak digunakan sama sekali.

Baca juga: Rekomendasi Plugin Page Builder WordPress

Perlu Anda ketahui, Gutenberg memiliki banyak fitur yang lebih terlihat modern dibandingkan dengan classic editor. Seperti banyak penambahan elemen untuk mempermudah Anda menambahkan konten seperti gambar dan video. Namun tidak hanya tampilan editor yang berubah total, melainkan tampilan pada widget juga mengalami perubahan.

Banyak permasalahan saat kita akan menggunakan menu editor widget, seperti tampilan widget yang lama untuk di tampilkan. Tidak hanya itu, jika Anda menggunakan tema premium atau berbayar dan kustom widget akan menampilkan pesan error. Dan ini terjadi pada tema yang saya gunakan saat ini, lihat gambar berikut ini:

cara memperbaiki tampilan widget gutenberg
cara memperbaiki tampilan widget gutenberg

Cara Memperbaiki Tampilan Widget Gutenberg

Lalu bagaimana cara memperbaiki tampilan widget yang berantakan dan menampilkan pesan error di gutenberg? Anda hanya menambahkan beberapa kode function ke dalam tema atau dengan cara lain yaitu menginstall plugin widget classic. Kode dan plugin ini berfungsi untuk menonaktifkan tampilan blok editor widget baru pada gutenberg. Berikut cara memperbaiki tampilan widget gutenberg:

Menggunakan Kode Sederhana

Tambahkan kode dibawah ini ke dalam file function.php atau file kustom function lainnya. Ada baiknya dan di sarankan jika Anda ingin menambahkan kode ini gunakan FTP. Jangan lupa backup file function.php Anda terlebih dahulu, untuk mengantisipasi kerusakan dan lain sebagainya.

// Disables the block editor from managing widgets in the Gutenberg plugin.
add_filter( 'gutenberg_use_widgets_block_editor', '__return_false', 100 );

// Disables the block editor from managing widgets. renamed from wp_use_widgets_block_editor
add_filter( 'use_widgets_block_editor', '__return_false' );

selanjutnya simpan kode tersebut, lalu buka kembali tampilan widget Anda. Harusnya berhasil!

Menggunakan Plugin

Jika menurut Anda cara di atas terlalu beresiko dan tidak ada akses menggunakan FTP, silahkan install plugin Classic Widgets. Plugin ini sangat aman untu kdi gunakan, karena plugin ini di kembangkan oleh pihak wordpress sendiri.

Demikianlah pembahasan mengatasi tampilan widget gutenberg eror atau lama untuk di tampilkan. Jika Anda mengalami keuslitan silahkan ajukan pada kolom komentar setelah pembahasan ini. Semoga bermanfaat dan terimakasih. 🙂


administrator

Eko Pramono lebih akrab disapa Pram, seorang web developer, suka nulis, suka ngegame, dan suka turing. Bekerja di salah satu perusahaan Digital Marketing.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.