Address

Perm. Handayani, Jl. Handayani, Pekanbaru, Riau

Contact

Website dengan nama Alexa.com belakangan menjadi trending di banyak media. Pasalnya wesbite ini rumornya akan tutup dan tidak online lagi mulai dari tanggal 1 Mei 2022. Alexa merupakan sebuah layanan yang di prakarsai oleh perusahaan terkenal Amazon. Amazon secara mengejutkan akan menutup semua layanan yang ada pada Alexa. Alexa sudah hadir dan banyak membantu pemilik website untuk banyak mengumpulkan data baik kompetitor, peringkat dan lain sebagainya selama 25 tahun lamanya.

alexa.com tutup

Apa itu Alexa Rank?

Website Alexa adalah sebuah tool marketing yang menggunakan data traffic sebuah website untuk merangking website populer. Website ini menggunakan data jumlah pengunjung website dan banyaknya halaman yang tampil atau pengunjung mengakses. Alexa bukan lahir dari Amazon, melainkan perusahaan tersendiri di California yang didirikan tahun 1996 lalu diambil alih oleh Amazon pada tahun 1999.

Sejarah singkat alexa dari awal, ide berawal dari Brewster Kahle dan Bruce Gilliat. Nama Alexa adalah sebuah penghormatan yang diberikan oleh Kahle untuk perpustakaan kuno terbesar di dunia.

Alexa lebih fokus pada bidang pengumpulan data traffic website. Fitur unggulan dari Alexa adalah Alexa Rank dan Wayback Machine (arsip internet). Untuk saat ini fitur yang masih populer adalah Alexa Rank. Alexa Rank merupakan hasil dari analisa metrik yang menyusun ranking website sesuai popularitasnya. Biasanya data yang ada memiliki beberapa periode tampilan, minggu, bulan dan tahun.

Cara Kerja Alexa Rank

Melalui website Alexa menjelaskan bahwa Alexa Rank bekerja dengan mengkombinasikan pengunjung setiap harinya dengan jumlah halaman yang tampil pada sebuah website dalam beberapa periode. Data tersebut dikumpulkan dari pengguna internet yang memasang extention browser seperti Google Chrome, Firefox, Internet Explorer dan lain sebagainya. Selain extention Alexa juga menggunakan script yang harus di tanam pada website tersebut untuk mengumpulkan data.

Setelah semua data terkumpul, Alexa mengolahnya dan memperbaiki data tersebut dan menyusunnya dalam bentuk metrik. Banyak pihak berspekulasi bahwa Alexa menggunakan pihak ketiga untuk memperoleh data semua website yang ada di internet.

Cara Menggunakan Alexa.com

Jika Anda baru mengetahui alexa.com silahkan cek website Anda sekarang juga untuk mengetahui ranking berapa website Anda berada. Tahun 2022 alexa.com resmi berhenti beroperasi, jangan lewatkan kesempatan di sisa waktunya. Berikut cara menggunakan alexa dengan mudah untuk mendapatkan data yang lebih lengkap:

alexa.com tutup
  • Maka akan menampilkan data secara lengkap seperti dibawah ini
alexa.com tutup
  • Untuk dapat menikmati fitur secara lengkap, mulai dari data pengunjung website, letak geografis pengunjung yang mengakses website Anda, harus mendaftar dan mengikuti layanan berbayar. Jika menggunakan akses gratis, Anda hanya mendapati negara yang banyak mengakses website Anda.

Dengan berakhirnya masa online Alexa.com tutup, pihak Amazon tidak menerima pelanggan baru lagi untuk menggunakan fasilitas yang ada.

“Setelah 25 tahun membantu Anda menemukan dan menjangkau audiens digital Anda, kami membuat keputusan sulit untuk menghentikan Alexa.com” – Amazon

Terimakasih, Alexa.com Tutup!


administrator

Eko Pramono lebih akrab disapa Pram, seorang web developer, suka nulis, suka ngegame, dan suka turing. Bekerja di salah satu perusahaan Digital Marketing.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.