Address

Perm. Handayani, Jl. Handayani, Pekanbaru, Riau

Contact

Pada artikel kali ini adalah lanjutan dari pembahasan sebelumnya mengenai belajar wordpress. Jika Anda mengikuti cara install wordpress di Xampp, ini lanjutan dari pembahasan itu. Setelah install wordpress hal yang perlu Anda lakukan adalah menginstall themes (tema). Saat ini, repositori tema wordpress penuh dengan bloatware, banyak kode yang buruk dan plugin yang harus di install nyatanya tidak Anda gunakan sepenuhnya, dan ukuran file yang sangat besar.

Jika itu terus Anda gunakna maka akan berpengaruh pada hasil pencarian dan menimbulkan bounce rate yang tinggi. Banyak pengunjung beralih menggunjungi situs lain karena website Anda lama untuk dimuat. Untuk itu memilih tema pada website Anda harus benar-benar hati-hati.

Tips Memilih Themes WordPress

Tidak ada aturan wajib dan benar-benar pantas untuk memilih tema wordpress. Namun tips memilih themes wordpress kali ini setidaknya mengurangi beberapa resiko dan Anda tahu hal apa yang harus diperhatikan dan apa yang harus dihindari. Berikut beberapa tips memilih themes wordpress yang harus Anda ketahui:

Sederhana

Banyak tema yang tersedia saat ini sangat modern dan penuh dengan animasi. Selain itu ketersedian fitur juga yang terlalu banyak, nyatanya ini malah menjadi jebakan untuk Anda. Mengapa demikian? Ternyata dari beberapa fitur dan animasi tadi membuat website Anda semakin lambat. Namun serignkali, tema terbaik adalah yang paling sederhana, tema yang dapat melakukan tugasnya dengan baik sesuai kebutuhan.

Yang paling penting adalah website Anda berfungsi dan dapat melakukan tugasnya. Pilih tema yang indah namun tetap terlihat sederhana, dengan fitur yang cukup untuk menambahkan kesan modern tanpa harus keluar jalur. Ada beberapa tema wordpress yang tersedia gratis saat ini, dan ini memiliki tampilan sederhana namun powerfull, seperti Twenty Twenty, Twenty Twenty-one, dan Twenty nineteen.

memilih tema wordpress

Ukuran Tema

Selain tampilan sederhana, nyatanya ukuran file tema juga harus Anda perhatikan. Banyak tema memiliki kapasitas atau ukuran file sangat besar. Jika Anda menggunakan server dengan kapasitas terbatas tentunya dengan file tema yang besar akan banyak mengurangi kapasitas server.

Berapa ukuran file tema wordpress yang ideal? Tema yang cukup ideal memiliki ukuran kisaran 600KB – 1MB. Tapi ini akan bertambah jika Anda menambahkan konten dan menginstall plugin.

Responsive

Tema yang Anda gunakan harus responsive, untuk saat ini pengguna atau pengunjung terbesar berasal dari pengguna smartphone/seluler. Jika tema yang digunakan tidak responsive ini akan mengurangi minat pengunjung. Tema yang responsive itu yang seperti apa sih? tentunya yang dapat mendukung dan menyesuaikan semua resolusi layar pengguna, baik itu tablet, laptop, ponsel dan lainnya.

Selain itu gambar harus stabil dalam skala yang benar, dan tata letak layout berubah tanpa menimbulkan perubahan yang ekstrim. Jika tema tidak mendukung responsive, tentunya ini tidak layak untuk digunakan.

Lalu bagaimana cara cek website responsive? Anda dapat menggunakan beberapa tools seperti insepect element yang ada pada web browser.

Dukungan Plugin

Pastikan Anda membaca semua dokumentasi tema yang ada melalui website resmi penyedia tema atau pada detail deskripsinya. Apakah tema ada memiliki persyaratan untuk plugin tertentu atau tidak mendukung plugin tertentu.

Jika pada tema banyak menggunakan plugin, Anda dapat meyeleksinya dan menonaktifkan atau bahkan menghapusnya nanti saat tema sudah terinstall sesuai kebutuhan.

Peringkat dan Ulasan

Tips memilih themes wordpress selanjutnya adalah peringkat dan ulasan, ini biasa disebut dengan rating. Semakin bagus rating tema tersebut menggambarkan performa tema. Jangan lupa untuk membaca ulasan, ini akan menambah wawasan yang bauk tentang apa yang disukai dan tidak disukai pengguna lain.

memilih tema wordpress

Dari membaca ulasan pengguna lain, Anda juga akan menemukan solusi dari masalah yang pernah dialami pengguna lain tentang tema itu. Rating terbaik memiliki bintang empat keatas. Tidak direkomendasikan menggunakan tema dengan jumlah bintang kurang dari empat.

Keamanan

Untuk mengetahui tema yang tersedia baik itu berbayar ataupun gratis aman untuk digunakan adalah hal yang sulit. Namun jangan khawatir, ada beberapa cara yang dapat Anda tempuh seperti membaca ulasan dari tema tersebut. Selain itu Anda dapat menggunakan plugin theme checker atau pemindai online seperti Sucuri Sitecheck.

memilih tema wordpress

Jangan pernah memaksakan menggunakan themes wordpress nulled. Jika Anda tetap memaksakan menggunakan themes nulled tentunya akan berdapak sangat buruk untuk kemanan. Biasanya themes wordpress nulled sudah banyak disisipi malware yang suatu saat dapat mengancam keamanan website Anda.

Demikianlah tips memilih tema wordpress, jangan sampai tema yang dipakai menghambat dan memperlambat website Anda. Pilih tema yang tepat sesuai kebutuhan, jangan pernah lakukan itu diluar kebutuhan Anda. Semoga bermanfaat dan terimakasih! 🙂


administrator

Eko Pramono lebih akrab disapa Pram, seorang web developer, suka nulis, suka ngegame, dan suka turing. Bekerja di salah satu perusahaan Digital Marketing.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.