Address

Perm. Handayani, Jl. Handayani, Pekanbaru, Riau

Contact

Cara Batasi Entri Sitemap Yoast – Kali ini saya akan mebahas mengenai sitemap. Jika Anda belum memahami apa itu sitemap dan cara buat sitemap di wordpress yang baik dan benar, silahkan baca artikel Pengenalan dan Cara Buat Sitemap di WordPress.

Sesuai judul artikel ini, membatasi jumlah entri maksudnya adalah membatasi halaman, post, kategori, dan tag yang muncul pada sitemap. Mengapa harus dibatasi? Hal ini dilakukan karena dapat membantu dan mencegah masalah yang terkait dengan sitemap. Masalah tersebut seperti sitemap meiliki list terlalu panjang. Ini dapat menyebabkan server melebihi batas memori php yang diproses setiap kali server mengkompilasi sitemap.

Pada plugin Yoast versi 7.0, fitur untuk membatasi entri ini masih tersedia. Anda hanya cukup masuk pada menu pengaturan Yoast dan akan menemukan kolom berapa maksimal jumlah entri yang akan ditampilkan. Sayangnya fitur ini tidak lagi tersedia pada plugin Yoast dengan versi terbaru. Dengan alasan fitur ini tidak terlalu begitu banyak di pakai oleh pengguna plugin Yoast.

Jika Anda membutuhkan fitur ini, jangan khawatir plugin Yoast menyediakan sebuah filter untuk menggantikan fitur yang sudah tidak tersedia tersebut. Anda cukup menambahkan kode pendek kedalam file function wordpress Anda.

Script Batasi Jumlah Entri Sitemap Yoast

Sebelum melakukan ini, pastikan Anda sudah memiliki akses FTP untuk menambahkan kode ini. Jika tidak ada, dapat menggunakan fitur editor tema wordpress. Untuk menjaga kode terjadi masalah tak terduga, silahkan backup terlebih dahulu file function.php Anda. Berikut cara batasi jumlah entri sitemap plugin Yoast.

  • Buka file functions.php atau kustom function yang Anda buat
cara batasi entri sitemap yoast
  • Tambahkan kode pendek berikut ini
/* Limit the number of sitemap entries for Yoast SEO */
function max_entries_per_sitemap() {
    return 100;
}
add_filter( 'wpseo_sitemap_entries_per_page', 'max_entries_per_sitemap' )

Keterangan: Ganti nilai 100 dengan nilai atau jumlah tampilan yang Anda inginkan.

  • Kemudian simpan

Cara ini di rekomendasikan untuk Anda yang menggunakan plugin Yoast yang setiap hari update post atau artikel. Demikian lah cara batasi jumlah entri sitemap yoast, apabila ada kendala dan pertanyaan mengenai pembahasan ini, silahkan ajukan pada kolom komentar ya. Semoga bermanfaat dan terimakasih! 🙂

Sumber: https://yoast.com/help/xml-sitemaps-in-the-wordpress-seo-plugin/


administrator

Eko Pramono lebih akrab disapa Pram, seorang web developer, suka nulis, suka ngegame, dan suka turing. Bekerja di salah satu perusahaan Digital Marketing.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.