Address

Perm. Handayani, Jl. Handayani, Pekanbaru, Riau

Contact

Mengatasi XML Sitemap Error pada Yoast – Kali ini saya akan membahas mengenai XML Sitemap pada plugin wordpress yakni Yoast. Secara singkat Yoast merupakan sebuah plugin SEO yang terkenal hingga saat ini. Dengan adanya plugin Yoast banyak pengguna wordpress merasa terbantu dalam menaikkan peringkat websitenya di search engine.

Namun yang akan saya bahas bukan bagaimana cara menggunakan plugin Yoast, melainkan XML sitemap pada yoast. Jika Anda pengguna Yoast mungkin sudah tidak terlalu asing dengan XML sitemap. Namun dalam beberapa kondisi yang pernah saya alami, XML pada Yoast tidak dapat dipanggil atau error.

Biasanya XML error dapat Anda ketahui jika website Anda sudah terdaftar di Google Search Console. Atau Anda dapat mengeceknya secara manual dengan cara memasukkan slug URL tambahan di akhir domain website Anda. Seperti contoh

https://domainanda.com/sitemap_index.xml

Maka tampilan dari pemanggilan URL diatas sebagai berikut:

Jika terjadi error seperti gambar dibawah ini

xml sitemap wordpress error

Yang perlu Anda lakukan adalah cek file function.php atau wp-config.php. Untuk mencegah kerusakan perlu Anda backup terlebih dahulu kedua file tersebut. Kemudian pastikan tidak ada baris kosong diawal tag <?php dan di akhir kode. Jika ada baris kosong di awal tag maka harus di hapus begitu juga baris kosong yang di paling bawah atau paling akhir. Dapat dilihat pada gambar dibawah ini:

Lalu simpan kembali file yang Anda edit tadi. Demikianlah cara Mengatasi XML Sitemap Error Yoast di WordPress. Semoga bermanfaat dan membantu.


administrator

Eko Pramono lebih akrab disapa Pram, seorang web developer, suka nulis, suka ngegame, dan suka turing. Bekerja di salah satu perusahaan Digital Marketing.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.