Address

Perm. Handayani, Jl. Handayani, Pekanbaru, Riau

Contact

Ganti Password WordPress di Cpanel – Lupa password saat login situs wordpress Anda? Sudah melakukan reset password melalui email namun terkendala masalah lainnya? jangan panik, Anda tetap dapat masuk ke situs seperti biasa. Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengganti password atau menambahkan user baru melalui FTP. Cara tambah user dengan FTP wordpress menjadi alternatif jika Anda tidak memiliki akses masuk ke Cpanel.

Pada dasarnya Anda dapat melakukan reset password menggunakan email user seperti biasa pada saat login. Sayangnya jika situs Anda tidak menggunakan fitur penerimaan atau berkaitan dengan email di server maka ini tidak dapat dilakukan. Selain menggunakan cara tadi, juga dapat Anda lakukan melalui phpmyadmin dan wordpress toolkit.

Ganti Password WordPress di Cpanel

Pastikan Anda memiliki akses masuk di Cpanel, jika tidak memiliki silahkan tanya atau minta akses melalui penyedia hosting yang Anda pakai. Berikut cara mengganti password wordpress di cpanel dengan mudah dan aman:

Cara 1: Ganti Password dengan WordPress Toolkit

WordPress Toolkit adalah sebuah tools yang berfungsi untuk mengelola CMS WordPress. Tools ini sudah tersedia sejak awal atau secara default sudah tersedia di cpanel. Dengan tools ini dapat melakukan install wordpress, konfigurasi, mengelola tema dan plugin, backup hingga dapat mengganti password situs Anda. Ikuti langkah dibawah ini, pastikan ikuti langkah-langkahnya dengan cermat dan benar untuk menghindari hal yang tidak diinginkan.

  • Masuk/Login ke Cpanel
  • Scroll ke bawah dan cari Menu WordPress Toolkit
ganti password wordpress di cpanel
  • Secara otomatis wordpress toolkit akan melakukan scan terlebih dahulu, tunggu hingga selesai. Jika tidak muncul secara otomatis, ada baiknya lakukan scan manual. Klik menu scan dan tunggu hingga proses selesai.
  • Jika proses scan sudah selesai, pilih nama domain dari situs Anda yang ingin ganti passwordnya. Lalu pilih menu setup yang berada berdekatan dengan tombol login.
  • Maka akan muncul tampilan setup wordpress, pilih email administrator yang Anda pakai saat login. Selanjutnya, generate password atau dapat menggunakan password yang sesuai Anda inginkan. Ingat! gunakan password menggunakan kombinasi angka, huruf dan simbol supaya lebih aman.
ganti password wordpress di cpanel
  • Sudah yakin merubah password? Klik tombol Change.
  • Silahkan coba login menggunakan password baru. Jika mengikuti langkah demi langkah cara tadi, harusnya Anda dapat login.

Cara 2: Ganti Password melalui PhpMyadmin

Cara selanjutnya ganti password adalah melalui phpMyadmin. Ya, kita perlu masuk ke dalam database phpMyadmin untuk mengatasi lupa password. Berikut cara mudahnya melalui phpmyadmin:

  • Login ke cpanel terlebih dahulu
  • Jika Anda lupa dengan nama database yang dipakai pada situs, Anda dapat melihatnya pada menu File Manager.
ganti password wordpress di cpanel
  • Buka folder public_html, cari dan buka/edit file wp-config.php
  • Nama database ada pada posisi “DB_NAME”
  • Jika sudah Anda temukan nama database, kembali pada tampilan awal Cpanel dan pilih menu phpMyadmin
ganti password wordpress di cpanel
  • Cari nama database yang sama dengan DB_NAME di file wp-config.php tadi. Klik dan cari prefix users, biasanya berakhiran dengan _users.
ganti password wordpress di cpanel
  • Klik prefix table users tadi, lalu akan muncul list users yang terdaftar pada situs Anda. Pilih salah satu dengan user yang ingin ganti password, klik edit/ubah.
  • Selanjutnya, pilih fungsi algoritma hash menjadi MD5, dan silahkan ganti password lama dengan password baru yang Anda inginkan.
  • Setelah itu klik tombol GO yang ada pada kanan bawah layar. Silahkan coba login menggunakan username dan password baru yang sudah di ganti tadi.

Jika Anda tetap mengalami kendala dan kesulitan mengikuti cara diatas atau tidak ingin mengambil resiko ada baiknya segera hubungi dan minta bantuan untuk ganti password melalui penyedia layanan hosting Anda.

Demikianlah pembahasan mengenai bagaimana ganti password wordpress karena lupa. Semoga bermanfaat ya dan terimakasih!


administrator

Eko Pramono lebih akrab disapa Pram, seorang web developer, suka nulis, suka ngegame, dan suka turing. Bekerja di salah satu perusahaan Digital Marketing.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.