Address

Perm. Handayani, Jl. Handayani, Pekanbaru, Riau

Contact

Cara menampilkan file tersembunyi cPanel – Jika Anda baru menggunakan cPanel, ini yang perlu Anda ketahui dan pelajari. Pada artikel ini saya akan membahas bagaimana menampilkan file yang tersembunyi atau hidden di cPanel. Bukannya semua file akan di tampilkan pada cPanel? Tidak, mengapa demikian?. Tidak semua file yang ada di cPanel dapat Anda lihat.

Dengan alasan keamanan, file tersebut tidak ditampilkan pada file manager cpanel. Sebagai contoh file .htaccess tidak akan Anda temukan dan lihat di file manager. File .htaccess sangat penting dan layak untuk terus aman.

.htaccess biasanya berisikan konfigurasi atau pengaturan website. Konfigurasi tersebut seperti rewrite URL, melindungi akses login, menambah security atau keamanan website. Bayangkan jika file ini dapat diakses secara mudah oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Anda akan kehilangan akses website tentunya.

Baca juga: Penjelasan Perbedaan FTP dengan SFTP

Anda hanya memiliki akses FTP? dan Anda ingin mengakses file direktori website menggunakan FTP. Lalu, Anda melihat semua file termasuk .htaccess, namun pada saat Anda akses langsung melalui file manager cPanel Anda tidak menemukan sama sekali file .htaccess.

Dengan kondisi itu dapat kita ketahui bahwa file .htaccess Anda disembunyikan. Lalu bagaimana menampilkan file tersebut?

Cara Menampilkan File Tersembunyi di cPanel

Berikut ini cara mudah untuk menampilkan file tersembunyi di cPanel. Sebagai saran, perlu hati-hati dan jangan lupa atur pengaturan ke semula lagi. Ikuti langkah-langkah berikut ini:

Login ke cPanel

Langkah yang pertama adalah login atau masuk ke halaman cPanel. Biasanya banyak website untuk dapat mengakses cPanel dengan menambah akhiran cPanel pada akhir nama domain. Sebagai contoh, https://domain.com/cpanel. Masukkan username dan password Anda.

Akses File Manager

Jika berhasil login, temukan menu file manager lalu klik atau buka. Anda merasa kesulitan menemukan? tekan tombol CTRL + F bersamaan pad akeyboard, lalu ketik file manager lalu enter.

Buka Folder public_html

Pilih menu public_html dan buka folder menu ini. Pada folder inilah semua file website Anda di simpan. Temukan file .htaccess, ada atau tidak. Jiak tidak ada maka sudah dapat kita tahu file itu di hidden. Untuk uji coba silahkan buat file baru dan beri nama .htaccess. Jika muncul notifikasi error dan bertuliskan file exist, maka file tersebut ada namun disembunyikan atau hidden.

cara menampilkan file tersembunyi cPanel

Buka Menu Settings

Perhatikan pada pojok kanan atas maka Anda akan menemukan tombol settings. Klik tombol tersebut untuk menampilkan fila apa saja yang tidak tampil. Selanjutnya checklis pada bagian Show Hidden Files (dotfiles) lalu save atau simpan.

cara menampilkan file tersembunyi cPanel
cara menampilkan file tersembunyi cPanel

Sekarang cek kembali file .htaccess sudah muncul atau belum?. Jika sudah, dan Anda melakukan beberapa konfigurasi pada file tersebut jangan lupa untuk menonaktifkan atau un-checklist kembali Show Hidden Files.

Demikianlah pembahasan mengenai bagaimana cara menampilkan file hidden di cPanel. Saya ingatkan kembali, untuk mengaktifkan kembali fitur hidden file pada cpanel Anda demi keselamatan website. Semoga bermanfaat dan terimakasih. 🙂


administrator

Eko Pramono lebih akrab disapa Pram, seorang web developer, suka nulis, suka ngegame, dan suka turing. Bekerja di salah satu perusahaan Digital Marketing.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.