Address

Perm. Handayani, Jl. Handayani, Pekanbaru, Riau

Contact

Situs Penyedia Penyimpanan Data – Sesuai judul besar artikel ini, saya akan membahas mengenai Cloud Storage. Apa itu cloud storage? Cloud storage adalah layanan atau penyedia penyimpanan data secara online. Berhubung membahas penyedia penyimpanan online kali ini kita bukan membahas server ya, melainkan situs yang menyediakan layanan penyimpanan online secara gratis.

Apa sih keuntungan dari menggunakan cloud storage? Bukannya hardisk laptop atau flashdisk juga bisa?. Nah, jika media penyimpanan data menggunakan hardisk, flashdisk atau CD/DVD itu disebut dengan local storage. Tentunya penyimpanan data menggunakan local storage kurang aman. Mengapa demikian? Berikut alasannya:

  • Data mudah terkena virus.
  • Kapasitas drive akan cepat penuh.
  • Mengantisipasi jika drive rusak dan hilang.
  • Harus dibawa kemana-kama.

Lalu apa saja yang kita dapat jika menggunakan cloud storage? Anda dapat mengaksesnya dimana saja dan kapan pun, dengan syarat Anda harus terkoneksi dengan internet. Jika data pada local storage hilang atau rusak, cloud storage menjadi backup data Anda. Sayangnya, cloud storage juga memiliki kekurangan, yaitu kapasitas penyimpanan yang sangat kecil atau terbatas.

Baca juga: Control Panel Hosting Populer Saat Ini

Sesuai dengan pengalaman saya, semua file skripsi saya unggah ke cloud storage. Tanpa terduga laptop yang saya miliki hilang, dengan adanya cloud stroge saya masih ada file backup skripsi tadi. Jika tidak ada backup? Mungkin butuh waktu lama lagi untuk mengulang semua skripsi saya.

Situs Penyedia Penyimpanan Data Online

Saat ini situs penyedia cloud storage cukup banyak, baik itu gratis ataupun berbayar. Tentu saja penyedia penyimpanan data online atau cloud storage premium atau berbayar memiliki kapasitas penyimpanan yang cukup besar. Berikut adalah situs penyedia penyimpanan data onlie yang dapat Anda coba:

One Drive

Situs penyedia cloud storage pertama adalah One Drive. One drive merupakan situs penyedia cloud storage gratis dari Microsoft. Dengan adanya situs ini jika kamu menggunakan sistem operasi windows tentunya ini semakin efektif. Anda dapat menghubungkan semua file microsoft office ke one drive. One drive pertama kali diluncurkan pada Agustus 2007.

Situs Penyedia Penyimpanan Data

Jika Anda sudah memiliki akun microsoft, tidak perlu lagi mendaftar untuk mengakses situs ini. Untuk Anda yang belum memiliki akun microsoft harap mendaftar langsung menggunakan tautan dibawah form login. Anda dapat mengakses One Drive melalui url https://onedrive.live.com/about/id-id/signin/.

Anda sebagai pendatang baru akan mendapatkan kapasitas penyimpanan 5GB. Kapasitas sebesar ini mungkin sudah cukup untuk Anda yang hanya untuk menyimpan file dokumen atau gambar saja.

Google Drive

Untuk situs yang satu ini mungkin Anda suadah tidak asing lagi. Ya Google drive memiliki kapasitas penyimpanan yang cukup besar. Untuk versi gratis Anda langsung mendapatkan kapasitas penyimpanan sebesar 15GB. Perlu Anda ketahui layanan ini terkoneksi langsung dengan akun gmail dan Google Photo.

Situs Penyedia Penyimpanan Data

Jika Anda mengguanakan perangkat smartphone Android, tentunya ini akan langsugn tersedia pada perangkat Anda. Anda dapat melakukan konfigurasi secara otomatis untuk semua file yang Anda buat upload otomatis ke google drive.

Mediafire

Anda serting download software? banyak situs penyedia download software menggunakan mediafire sebagai penyimpanan datanya. Anda dapat menggunakan situs mediafire sebagai cloud storage, jangan lupa untuk daftar terlebih dahulu. Anda dapat menggunakan akun media sosial untuk mendaftar.

Situs Penyedia Penyimpanan Data

Mediafire memberikan kapasitas penyimpanan hingga 10GB untuk versi gratis, sedangkan untuk versi berbayar mencapai 50GB. Anda dapat menyimpan file dokumen microsoft office, musik atau lagu, file software dan lain sebagainya. Selain itu Anda juga dapat membagikan dokumen yang Anda miliki dengan menggunakan fasilitas share link atau copy url file Anda.

Anda juga dapat mengakses mediafire menggunakan aplikasi yang sudah tersedia di playstore dan appstore.

Mega.NZ

Tida kjauh berbeda dengan situs lainnya, mega.nz merupakan cloud storage paling aman. Mega memberikan dua layanan khusus yaitu berbayar dan gratis. Untuk paket layanan gratis Anda mendapatkan sekitar 50GB kapasitas penyimpanan. Sementara untuk paket berbayar Anda dapat memilih sesuai harga yang Anda pilih dan mendapatkan kapasitas penyimpanan hingga 1-10TB.

Anda dat menyimpan jenis data atau file, sayangnya untuk mendownload file dari mega.nz membutuhkan waktu dan proses yang sedikit lama. Proses tersebut bergantung dari lokasi Anda. Banyak menyarankan jika download dari mega harus menggunakan VPN terlebih dahulu.

Mega tersedia dalam beberapa platform, mobile apps, desktop app, mega CMD, mega on NAS dan extentions. Anda dapat memilih sesuai kebutuhan Anda.

Dropbox

Situs layanan penyimpanan online selanjutnya adalah Dropbox. Dropbox tidak jauh berbeda juga dengan situs lainnya, namun ada perbedaan signifikan seperti Anda dapat menyalin file apa saja ke dalam dropbox, dan memiliki fasilitas backup data. Dropbox mendukung banyak versi untuk beragam sistem operasi seperti Windows, Mac OS X, dan Linux.

Pada situs layanan penyimpanan online seperti dropbox memiliki kompetitor yang menyediakan fasilitas yang sama seperti iCloud, Mozy, Ubuntu One dan CloudMe. Anda dapat memilih paket Individual mulai dari 10 dollat per bulan dan memiliki kapasitas sekitar 2TB. Sedangkan untuk paket bisnis Anda dikenakan biaya sekitar 12,50 dollar per bulan dan penyimpanan sekitar 5TB.

Zippyshare

Jika Anda ingin berbagi satu file saja kepada orang lain, untuk lebih mudahnya dapat menggunakan Zippyshare. Banyak dari situs penyedia download film dan software menggunakan penyedia cloud storage ini. Namun sayangnya mereka sering menyisi iklan, ini yang membuat kadang pengunjung tidak nyaman.

Kelebihan dari zippyshare adalah kapasitas penyimpanannya unlimited. Namun memiliki pembatasan kapasitas upload setiap filenya, Anda hanya bisa upload file dengan ukuran maksimal 500MB. Untuk upload Anda tidak perlu register atau login.

Itu tadi beberapa cloud storage yang dapat Anda gunakan untuk kebutuhan penyimpanan data online. Oya, kalau situs penyedia layanan seperti ini dari Indonesia ada atau tidak? Jika Anda mengetahuinya, tulis itu pada kolom komentar ya. Semoga bermanfaat dan terimakasih.


administrator

Eko Pramono lebih akrab disapa Pram, seorang web developer, suka nulis, suka ngegame, dan suka turing. Bekerja di salah satu perusahaan Digital Marketing.

3 Comments

  • Hendro Prayetno, 8 April 2022 @ 7:04 pm Reply

    Sejauh ini saya percaya menggunakan google drive dan one drive. Kalau yang lainnya linknya sering expired atau rusak, jadi harus upload ulang, informasinya cukup bagus mungkin bisa di tambah yang dari indonesia. Terimakasih

  • Indra, 11 April 2022 @ 8:53 am Reply

    kalau yang paling aman yang mana bro?

    • Pram Eko, 11 April 2022 @ 8:36 pm Reply

      google drive sama dropbox aman bro

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.