Address

Perm. Handayani, Jl. Handayani, Pekanbaru, Riau

Contact

Plugin Syntax Highlighter WordPress – Halo, semoga Anda dalam keadaan sehat selalu ya. Perkembangan teknlogi khususnya di dunia programming saat ini tidak hanya berfokus pada pembuatan kode saja. Banyak dari programmer juga melakukan kegiatan berbagi ilmunya melalui situs forum developer.

Selain itu banyak juga dari mereka menyisihkan waktunya untuk membuat sebuah tutorial yang berkaitan dengan dunua programming melalui situs atau blog pribadi mereka. Terkadang, beberapa tutorial atau artikel yang mereka buat mengandung potongan-potongan kode pemrograman dalam bentuk gambar.

Tentunya ini sangat membuang waktu banyak bagi kita atau Anda pembaca yang ingin menggunakan kode tersebut mengharuskan mengetik ulang kembali. Apakah potongan kode dalam bentuk gambar tersebut dapat kita buat seperti layaknya aplikasi teks editor lainnya di situs? Tentunya bisa.

Jika Anda menyimak atau membaca beberapa artikel yang berkaitan dengan pemrograman di situs saya, maka Anda akan menemukan beberapa potongan kode tidak menggunakan gambar. Anda dapat menyalinnya langsung ke aplikasi teks editor yang ada. Sebagai contoh lihat gambar dibawah ini:

Baca juga: Plugin Multi Bahasa WordPress

plugin syntax highlighter wordpress

Apa Itu Syntax Highlighter?

Pada gambar diatas kita kenal dengan istilah Syntax Highlighter, yang memungkinkan untuk menulis kode bahasa pemrograman di situs. Bahasa pemrograman Apa saja yang dapat kita tampilkan? Hampir semua bahasa pemrograman yang umum dapat kita tampilkan. Seperti, PHP, HTML, CSS, Javascript, C, C#, Ruby dan lain sebagainya.

Tujuannya adalah untuk lebih mempermudah Anda dalam berbagi kode pada artikel atau halaman situs. Para pengunjung Anda juga tidak akan kesulitan untuk mempraktekkan atau menguji kode yang ada secara langsung tanpa mengetiknya lagi.

Situs Anda dibangun menggunakan CMS WordPress? Ada beberapa plugin yang dapat membantu untuk menampilkan kode bahasa pemrograman dalam artikel. Berikut beberapa plugin syntax highlighter untuk wordpress.

Plugin Syntax Highlighter WordPress

Beberapa plugin wordpress untuk menuliskan kode berikut ini sudah saya uji coba dan tentunya aman dan mudah untuk digunakan. Anda dapat mengujinya kembali dan menyesuaikan kebutuhan serta mana yang layak untuk dipakai. Selain itu, plugin ini juga sudah mendukung beberapa page builder seperti gutenberg, elementor, wpbakery, oxygen dan masih banyak lagi. Berikut beberapa plugin yang dapat saya rekomendasikan:

SyntaxHighlighter Evolved

plugin syntax highlighter wordpress

Plugin pertama yang saya rekomendasikan adalah SyntaxHighlighter Evolved. Saya juga menggunakan plugin ini pada situs ini. Jika Anda menggunakan gutenberg saat ini sudah mendukung untuk penggunaan plugin ini. Cukup install dan langsung dapat kita gunkanan. Ingin mengkustom tampilan yang ada? tentunya bisa, pilih tampilan yang ingin digunakan pada pengaturan plugin.

Pada saat ingin meyisipkan kode pada artikel menggunakan plugin ini, silahkan lihat dan pilih bahasa pemograman apa yang ingin Anda tampilkan. Karena setiap bahasa pemrograman memiliki tampilan yang berbeda-beda.

plugin syntax highlighter wordpress

HTML Editor Syntax Highlighter

plugin syntax highlighter wordpress

Rekomendasi plugin selalnjutnya adalah HTML Editor Syntax Highlighter. Tidak jauh berbeda dengan plugin sebelumnya, Anda dapat menggunakan plugin ini pada post & page editor, gutenberg editor dan page builder lainnya. Selain menggunakan elemen yang ada, juga dapat menggunakan bantuan Shortcode. Ini sangat membantu jika plugin ini tidak mendukung untuk melakukan penambahan elemen syntax highlighter.

plugin syntax highlighter wordpress

Enlighter – Plugin Syntax Highlighter WordPress

Plugin ini sudah banyak yang menggunakan, ada sekitar 20.000 lebih pengguna aktif. Cukup install dan aktifkan, langsung dapat menggunakan dan menerapkannya pada Artikel situs. Penyesuain tema yang mudah dan tentunya dapat memodifikasi tema tanpa harus memiliki pengetahuan css.

Baca juga: Plugin SEO WordPress Terbaik

Berikut ini beberapa fitur penting yang tersedia pada plugin Enlighter:

  • Mendukung penggunaan block gutenberg
  • Mendukung penggunaan bada classic editor wordpress (TinyMCE)
  • Banyak mendukung jenis bahasa pemrograman
  • Dapat menampilkan kode dalam beberapa pilihan dalam TAB
  • Dapat menambahkan bahasa pemrograman yang belum terdaftar
  • Integrasi dengan cache, cocok untuk situs yang memiliki traffic tinggi.

Selain banyak fitur yang ada, plugin ini juga mendukung web browser modern yang sudah menggunakan HTML5 seperti Edge, Chrome, Safari, Firefox dan lain sebagainya.

Uranov

Memiliki sekitar 3000 pengguna aktif saat ini dan memiliki rating yang lumayan bagus, plugin ini menjadi rekomendasi selanjutnya. Plugin ini merupakan pengembangan selanjutnya dari plugin sebelumnya yaitu Crayon SyntaxHighler.

Banyak fitur yang disediakan oleh uranov, seperti:

  • Support plugin bbpress
  • Support HTML5 markup
  • Live preview settings
  • Striped lines
  • Line wrapping
  • Terintegrasi dengan theme editor
  • Dapat membuat kode dalam tampilan PopUp
  • Mendukung penggunaan tag <pre>
  • Anda dapat menambahkan judul

Nah, itu tadi beberapa plugin yang dapat saya rekomendasikan untuk membantu Anda membagikan kode pada artikel wordpress tanpa harus mengetik ulang. Selain kemudahan, tentunya dengan menggunakan plugin ini tampilan kode yang ada menambah daya tarik pengunjung.

Sebagai pengingat, gunakan hanya satu plugin syntax highlighter saja. Karena ini akan berpengaruh pada performa situs jika terlalu banyak menggunakan plugin. Jika Anda memiliki plugin rekomendasi yang lain, silahkan ajukan pada kolom komentar setelah pembahasan ini. Semoga bermanfaat dan terimakasih!


administrator

Eko Pramono lebih akrab disapa Pram, seorang web developer, suka nulis, suka ngegame, dan suka turing. Bekerja di salah satu perusahaan Digital Marketing.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.